Sat, 13 July 2024

Ma’had Al-Jami’ah UIN Bandung Buka Pendaftaran Mahasantri Baru

Reporter: Mega Siti Rohimah | Redaktur: Suryadi | Dibaca 584 kali

Sat, 22 May 2021
Ma'had Al-Jami'ah UIN Bandung
Pendaftaran mahasantri baru Ma'had Al-Jami'ah UIN Bandung. (Sumber: uinsgd.ac.id).

JURNALPOSMEDIA.COM Ma’had Al-Jami’ah kembali membuka pendaftaran mahasantri baru tahun akademik 2021/2022. Pesantren yang berlokasi di dalam kampus ini merupakan pondok pesantren di bawah naungan UIN Bandung.

Staf Kesekretariatan Ma’had Al-Jami’ah Dadan Nugraha menjelaskan, selain lokasi yang berada di dalam kampus dan biaya yang terjangkau. Ma’had Al-Jami’ah menerapkan sistem akademik yang terstruktur, yaitu kegiatan pesantren dilaksanakan saat Magrib dan Subuh, sehingga tidak menganggu kegiatan perkuliahan.

Lalu, ada juga Himpunan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah (HIMAJA) yang bertugas mengelola kegiatan-kegiatan mahasantri selama mondok.

“Pembelajaran lebih ditekankan kepada penguasaan bahasa, akhlak, dan hafalan Al-Qur’an yang tertuang pada pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Kitab Turats (Kuning), dan tahfiz dengan tenaga pengajar yang melibatkan dosen di lingkungan UIN Bandung,” jelasnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Sabtu (22/5/2021).

Berbagai informasi terkait pendaftaran calon mahasantri baru bisa diakses melalui: bit.ly/Daftar-MAJ2021, Instagram @mahaduinbandung, nomor kontak: 0823-1805-9580 (untuk perempuan), dan 0823-1805-9200 (untuk laki-laki).

Dadan menerangkan, untuk tesnya terdiri dari Bahasa Arab, Bahasa Inggris, serta tahsin dan tahfiz. Tes tersebut bertujuan untuk penetapan kelas, bukan diterima atau tidaknya. Karena calon mahasantri yang daftar sudah otomatis diterima selama kuota masih tersedia.

Untuk kegiatan pembelajaran, nantinya akan menyesuaikan dengan kegiatan perkuliahan di UIN Bandung. Apabila perkuliahan dilaksanakan secara daring, maka kegiatan pesantren pun akan secara daring.

Terakhir, Dadan mengingatkan agar mahasantri baru mematuhi setiap aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pesantren. “Intinya (harus) mengikuti semua aturan yang berlaku di Ma’had,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments