Mon, 22 July 2024

Tips Mengatasi Kebiasaaan Menunda-nunda

Reporter: Ayunda | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 202 kali

Sun, 3 July 2022
Sumber : Freepik

JURNALPOSMEDIA.COM- Kebiasaan menunda-nunda nampaknya sering menjadi permasalahan bagi setiap orang, terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Tidak sedikit yang menganggap jika mengerjakan tugas menjelang tenggat waktu justru memunculkan ide-ide kreatif. Namun, kebiasaan tersebut tidak baik karena akan berdampak pada hasil yang kita kerjakan.

Jadi bagaimana cara mengatasi agar kita tidak menunda-nunda pekerjaan? Berikut beberapa cara agar kita tidak menunda-nunda pekerjaan dan memulai untuk produktif.

1. Niat

Tanpa niat, kita tidak akan bisa merubah diri. Kebiasaan menunda juga tidak bisa diselesaikan dengan solusi dari luar, harus dimulai dari diri sendiri. Mungkin di tengah-tengah proses perbaikan diri, akan terjadi penolakan dari diri kamu karena kamu merasa sebenarnya menunda tidak selalu membuatmu merasa rugi. Hanya saja saat mendekati tenggat waktu, kamu akan selalu terburu-buru dan selama ini kamu tidak pernah

Namun jika semua tugas dikerjakan di awal waktu akan terasa lebih ringan. Itu juga bisa membuat kamu lebih santai untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

2. Membuat jadwal tertulis

Dengan membuat jadwal tertulis kamu bisa melihat semua tugas yang harus dikerjakan, kamu juga bisa menyimpan kalender bulanan di meja belajar, dan menulis tugas di kalender tersebut
dengan cara itu kamu akan selalu melihat dan mengingat setiap tugasmu.

3. Membuat tenggat waktu palsu

Dengan majunya tenggat waktu, seharusnya kamu terdorong untuk mengerjakan tugas tersebut. Salah satu penyebab menunda tugas adalah tenggat waktu yang lama sehingga kamu merasa memiliki banyak waktu sebelum mengerjakan hal tersebut.

Jika tiba-tiba ada tugas baru, kamu tidak panik dan jika tugas sebelumnya belum sempurna kamu bisa menyempurnakan tugas karena masih ada waktu.

4. Istirahat yang cukup

Tidur tidak teratur dan kurang cukup akan berpengaruh pada konsentrasi. Jika Kamu telah mendapatkan istirahat yang cukup, maka kamu tidak akan ngantuk. Kurangnya istirahat, akan membuat kamu kurang fokus dan kerja juga menjadi tidak optimal.

5. Hindari sosial media

Pasti banyak yang kalau sudah bosen bekerja biasanya akan mulai menggunakan sosial media. Namun, yang jadi masalah ketika pemakaiannya tidak bisa berhenti, jadi akan terus berkelanjutan sehingga kamu bisa lupa waktu.

6. Jangan meremehkan pekerjaan

Tidak sedikit orang yang meremehkan pekerjaan sehingga menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Hal seperti ini tentunya sangat tidak disarankan karena bisa membuat hasil menjadi tidak maksimal.

7. Berikan motivasi terhadap diri sendiri

Rasa malas seringkali muncul akibat tidak ada motivasi yang cukup pada diri sendiri.Kamu bisa memberikan motivasi terhadap diri sendiri agar nantinya memiliki rasa semangat untuk menyelesaikan tugas lebih cepat.

8. Self reward

Memberikan hadiah terhadap diri sendiri juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan minat bekerja. Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri terkadang dibutuhkan ketika sedang lelah dengan berbagai macam kesibukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips mengatasi kebiasaan menunda-nunda yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu semakin produktif.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments