Thu, 29 February 2024

4 Situs Jurnal Gratis yang Wajib diketahui Pejuang Tugas Akhir

Reporter: Rena Shafarina/Kontributor | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 287 kali

Mon, 27 June 2022
Sumber: Pexels

Bagi mahasiswa, istilah jurnal pasti terdengar tidak asing di telinga. Untuk menyelesaikan karya tulis atau tugas akhir, tentunya mahasiwa membutuhkan referensi dari jurnal-jurnal berkualitas, baik jurnal nasional ataupun internasional.

Berikut beberapa rekomendasi situs jurnal terpercaya yang dapat kamu kunjungi untuk mencari referensi atau mengembangkan penelitian yang sedang kamu kerjakan:

  1. Google Scholar

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan Google Scholar atau nama lainnya adalah Google Cendekia. Seperti yang kalian tahu, salah satu produk Google ini digunakan untuk mencari referensi dari sumber terpercaya. Google Scholar ini berisi banyak sekali jurnal dari berbagai cabang dan ilmu, baik jurnal berbahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Sebelum kalian mencari sumber lainnya, Google Scholar adalah sumber utama yang perlu kita tuju.

  1. Researchget.net

Situs ini berbentuk komunitas online yang berisi para peneliti. Sebelum mengunduh jurnal dari situs ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan surel institusi atau email kampus. Setelah mendaftar, kamu dapat mengunggah dan meminta jurnal secara gratis ke anggota yang lain. Untuk mendapatkan jurnal versi kompletnya, kamu tinggal kirim surel saja ke penulisnya.

  1. Directory of Open Access Jorrnal (DOAJ)

Situs ini berisi jurnal-jurnal yang dapat diunduh secara gratis. Tidak hanya jurnal berbahasa Inggris, jurnal berbahasa Indonesia pun ada. Sejak diluncurkan pada tahun 2003 hingga saat ini, tercatat lebih dari 12.000 jurnal dari 130 negara dan lebih dari 7 juta artikel yang tersimpan pada situs ini.

  1. LIPI

Situs ini merupakan situs resmi yang dimiliki oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dikoordinatori oleh Kemenristediktik sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Keuntungan menggunakan LIPI selain dapat diakses secara gratis adalah 100% berbahasa Indonesia sehingga akan memudahkan kamu yang belum bisa memahami Bahasa Inggris. Dalam situs ini tersedia lebih dari 15.000 jurnal yang bisa kamu unduh. Kamu bisa mengaksesnya di lipi.go.id.

Itulah tadi 4 rekomendasi situs jurnal ilmiah gratis terpercaya dan terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk mencari dan menambah referensi untuk mendapatkan nilai tinggi dari dosen penguji pada tugas akhir. Semoga bermanfaat!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments