Sat, 24 February 2024

Kemampuan yang Harus Dikuasai Content Writer SEO, Bukan Cuma Menulis

Reporter: Layla Cinta Aldenia/Magang | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 285 kali

Mon, 19 June 2023
(Foto: Layla Cinta Aldenia/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM- Dalam rangka ulang tahun jurusan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi mengadakan kelas multimedia sebagai rangkaian acara Euforia. Kelas yang diberi nama “Mumed Claxion” ini memiliki empat bagian. Salah satunya adalah kelas Content Writer.

Freelance Writer IDN Media, Aulikha Fiony memaparkan materinya pada kelas multimedia ini. Mulai dari materi penerapan content writing, menulis konten yang baik,  hingga cara menulis artikel Search Engine Optimization (SEO).

Melansir dari laman Copify, content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online. Konten yang mereka ciptakan bisa berbentuk artikel blog, post di sosial media, atau apa pun yang ditulis dalam platform online.

Pada era digital ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan secara daring. Begitu juga Content Writer yang sudah bisa berlalu-lalang di setiap media sosial. Namun, hal positif ini ternyata bisa menjadi kendala dalam menulis konten.

Aulikha menjelaskan tentang perbedaan karakteristik pada setiap media sosial. Setiap media sosial memiliki audience, gaya bahasa, dan peminatan topik yang berbeda.

Dalam hal ini, Content Writer atau penulis harus bisa menempatkan aspek-aspek penulisan dengan tepat.

“Sebagai Content Writer, kita harus bisa menempatkan diri. Karena setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda,” ujarnya di kelas multimedia, Rabu (14/6/2023).

Kendala tersebut bisa dihadapi dengan metode Kenali Pahami Mulai (KPM). Metode yang juga berlaku untuk penulis pemula ini mencangkup hampir semua hal penting yang harus diperhatikan saat menulis sebuah konten.

Pertama, penulis harus mengenali audience dalam hal sapaan, lingkup minat, dan korelasi dengan topik tulisan. Penulis juga harus paham dengan topik tulisan atau materi isu yang akan diangkat. Selain itu, penulis juga harus memulai penulisan agar bisa menghasilkan produk.

Selain metode KPM, penulis juga bisa menerapkan SEO agar tulisannya bisa dijangkau audience dengan mudah.

Metode SEO sendiri memiliki lima poin yang harus diperhatikan, yaitu;

  1. Keyword
  2. Struktur artikel
  3. Panjang tulisan
  4. Mencantumkan tautan
  5. Rutin menerbitkan tulisan

Selain membuat judul tulisan dengan keyword yang relevan, penulis pun bisa mencantumkan tautan atau link dalam tulisan. Tak hanya itu, penulis juga harus memperhatikan panjang dan struktur tulisan agar audience tidak mudah jenuh.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments