Tue, 16 April 2024

Lomba Mendongeng Semarakkan Jabar Book Fair 2018

Reporter: Sutiarsih | Redaktur: Reta Amaliyah Shafitri | Dibaca 152 kali

Sun, 5 August 2018
Salah seorang peserta lomba mendongeng pada Jabar Book Fair 2018 di Gedung Landmark, Braga, Kota Bandung, Minggu (5/8/2018). (Shania Nur Afni Oktavia/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM–Memasuki hari kelima pameran Jabar Book Fair 2018 di Gedung Landmark, Braga, Kota Bandung, perlombaan mendongeng menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang turut menyemarakkan gelaran buku terbesar se-Jawa Barat ini, Minggu (5/8/2018). Diikuti masing-masing 10 orang guru Sekolah Dasar (SD) dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lomba mendongeng yang bekerja sama dengan Kampung Dongeng Bandung disambut penuh antusias oleh para peserta.

Mengusung tema Hebatkan Anak Indonesia, lomba mendongeng bertujuan memasyarakatkan dan melestarikan dongeng agar tidak hilang ditelan zaman. Koordinator Acara Yeni Hadiyanti mengungkapkan, orang tua dan guru memiliki tugas besar untuk menghebatkan anak salah satunya dengan mendongeng. Menurutnya, mendongeng dapat mengasah imajinasi anak dengan pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Selain bekerja sama dengan Kampung Dongeng, lomba mendongeng juga difasilitasi Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat (Ikapi Jabar). “Ikapi Jabar hanya memfasilitasi dan menyiapkan tropi untuk pemenang lomba mendongeng, seluruh rangkaian lomba diserahkan sepenuhnya kepada Kampung Dongeng,” kata perwakilan Ikapi Jabar, Abdul Rohman.

Salah seorang peserta lomba Atika Perwitasari mengungkapkan, acara tersebut bisa meningkatkan rasa suka terhadap dongeng sebagai salah satu media bagi anak-anak guna mengenal kesan moral serta hal-hal baik. Tak hanya peserta, salah seorang pengunjung Titik Gartika turut menyampaikan antusiasnya. “Acara ini memberikan manfaat dan sarana bagi anak-anak untuk memberikan pengetahuan tentang dongeng dan cara mendongeng.” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments