Fri, 23 February 2024

Gemerlap Cahaya di Jembatan Warna Cihuni Garut

Reporter: Ihsan Mughni Hidayat/Magang | Redaktur: Ghina Tsuroya | Dibaca 173 kali

Sun, 30 August 2020
Jembatan Warna Cihuni, di Kampung Cihuni Desa Gandamekar Kecamatan Kadungora, kota Garut. (Ihsan Mughni Hidayat/Magang).

JURNALPOSMEDIA.COM – Gemerlap cahaya lampu menghiasi jalanan Kampung Cihuni Desa Gandamekar Kecamatan Kadungora, Garut setiap malamnya. Lampu dipasang disetiap bambu yang telah disusun sedemikian rupa di samping jembatan. Suasana menjadi lebih indah dengan cat warna-warni yang didominasi warna merah tua dan hijau.

Kreativitas ini membuat jalanan kampung terasa lebih eksotis dan tidak terkesan kaku. Ide ini berawal dari warganya yang berinisiatif untuk menghiasi jalanan kampung agar tampak lebih resik dan indah. Yakni dari salah satu tokoh pemuda yang akrab dipanggil Ecep. Ia menuturkan bahwa karya ini dibangun atas kesadaran warga akan lingkungan sekitar.

“Kreativitas ini dibangun atas kesadaran akan kebersihan. Sekaligus menambah keindahan jalanan, dan ini semua hasil dari iuran warga setempat,” tuturnya, Selasa (25/8/2020).

Tujuan awalnya yaitu untuk menata lingkungan disekitar. Jalanan yang kini diberi nama “Jembatan Warna Cihuni” ternyata menyedot perhatian masyarakat untuk berfoto. Konsepnya yang unik mampu menjadikannya spot foto yang instagramable dan kekinian.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas kreativitas warga cihuni. Selain karena menjadikan tempat ini bersih dan indah, tempat ini juga bisa menjadi spot foto untuk warga lain. Terlebih bagibagi  melewati jalan dan jembatan ini, khususnya untuk generasi milenial,” tutur Ihsan.

Tidak sampai disitu, keunikan juga terlihat pada tinggi bambu yang mencapai dua meter. Tujuannya adalah agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai. Adapun supaya tidak menyebabkan saluran tersumbat dan air menjadi kotor.

“Kita tidak mau lagi melihat warga membuang sampah ke sungai. Akhirnya kita buat ukiran bambu ini setinggi dua meter,” jelas Ecep.

Ecep berharap bahwa dengan adanya inovasi ini, masyarakat dapat terus merawat kebersihan lingkungan. Selain itu dapat serta menghentikan perilaku buruk buang sampah ke sungai.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments