Sun, 21 July 2024

PBAK Jurusan Ilmu Komunikasi Kenalkan Dua Program Studi Kepada Mahasiswa Baru

Reporter: Siti Barkah | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 266 kali

Sat, 3 September 2022
Kegiatan PBAK Jurusan ilmu komunikasi di aula FDK (Sumber foto: Siti Barkah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM- Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Bandung menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) seputar jurusan, Jum’at (2/9/2022). PBAK tersebut mengusung tema “Mahasiswa Unggul Indonesia Maju”.

Acara digelar di aula FDK dengan menghadiri Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Ketua Program Studi (Prodi), Staf Pelayanan Mahasiswa Jurnalistik, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), serta mahasiswa baru dari dua konsentrasi utama di Ilmu Komunikasi, yaitu Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat (Humas)

Poin Penting PBAK Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Badndung 2022

Terdapat beberapa poin terkait substansi isi kegiatan PBAK jurusan Ilmu Komunikasi ini diantaranya:

  1. Sharing session oleh Kaprodi Humas dan Jurnalistik
  2. Kompetensi dasar mahasiswa
  3. Start Up
  4. Management event
  5. Prospek ilmu komunikasi dari Jurnalistik dan Humas
  6. Pengenalan Himpunan Jurnalistik dan Humas
  7. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) untuk mahasiswa baru

Pentingnya PBAK Jurusan Menurut Ketua Jurusan

Ketua Jurusan (Kajur) Ilmu Komunikasi, Darajat Wibawa menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya PBAK jurusan Ilmu Komunikasi adalah sebagai upaya penyesuaian mahasiswa baru terkait suasana dan teknis pembelajaran SMA ke dunia perkuliahan.

“Mereka kan perlu berkembang sehingga kalo kita biarkan begitu saja mungkin ada yang aktif bertanya, ada yang diam saja,” ungkapnya.

Dengan adanya PBAK jurusan ini, Darajat juga memandang hal ini sebagai ajang mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi untuk lebih mengenal jurusannya.

“Kita sama-sama mendapatkan informasi di jurusan, entah itu bagian jurnalistik atau humas. Perlu kita sampaikan seperti itu dan untuk seterusnya akan dikembangkan lagi nanti oleh kaka-kaka mereka di Prodi mereka masing masing,” jelasnya.

Pengenalan Jurusan Lebih Lanjut oleh HMJ

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Jurnalistik (HIMA), Muhammad Rizki Nasrullah mengatakan bahwa di Jurnalistik sendiri akan ada beberapa agenda mengenalkan calon mahasiswa baru pada budaya di lingkup jurnalistik.

“Ya, kalo persiapan paling sama kaya jurusan lain, kaderisasi. Di Jurnalistik ada dua kaderisasi yang membedakan dari jurusan lain, yaitu KOMA dan PDKT,” ungkapnya.

Sementara itu, Rizki juga menaruh harapan yang sangat besar di acara PBAK jurusan ini.

“Semoga teman-teman bisa melanjutkan budaya yang ada di Jurnalistik,” imbuhnya.

Kendala dan Harapan Mahasiswa Baru

Sementara itu, mahasiswa baru prodi Jurnalistik Sania Zahira Shafa, menilai, dirinya masih belum memahami mekanisme perencanaan dan pengisian KRS, sehingga ia berharap acara PBAK jurusan ini bisa lebih menjabarkan aspek lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru untuk mencapai kompetensinya.

“Karena kita mab,a jadi dalam pemilihan KRS ini ga tau harus seperti apa dan mata kuliah apa itu yang diwajibkan apa,” pungkasnya.

 

(Penulis: Siti Barkah/ Redaktur : Hilma Halimah)

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments