Fri, 23 February 2024

Festival Pencak Silat XIII, Jaring Pesilat Junior Berbakat

Reporter: Robby Fathan/ Magang | Redaktur: Muhammad Fauzan P | Dibaca 97 kali

Tue, 30 April 2019
Siswa sekolah dasar (SD) memamerkan aksi pencak silatnya pada acara Pencak Silat XIII di Teras Sunda Cibiru, Kota Bandung, Senin (29/04/2019). Acara yang digelar Yayasan SMP Al-Ghifari tersebut, mempertemukan siswa antar SD di Bandung. (Robby Fathan/ Magang).

JURNALPOSMEDIA.COMFestival Pencak Silat XIII Antar sekolah dasar (SD) bertemakan ‘Pasanggiri Pencak Silat Sebagai Upaya Melestarikan Seni Budaya Jawa Barat’ digelar oleh Yayasan SMP Al-Ghifari. Acara ini digelar di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Festival tersebut berlangsung di Teras Sunda Cibiru, Jalan Raya Cipadung, Cipadung Wetan, Kota Bandung, Senin (29/04/2019).

Acara ini rutin digelar setiap tahunnya sejak 2006. Sebanyak 98 peserta dari 40 SD di Kota Bandung mengikuti festival ini. Tahun ini hanya siswa SD yang menjadi peserta. Berbeda dari tahun sebelumnya, siswa sekolah menengah pertama  (SMP) pun turut serta.

Ketua Pelaksana Festival Pencak Silat  XIII, Sophiana menuturkan, tujuannya digelar Festival ini untuk menjaring atlet pencak silat siswa SD di Bandung yang memiliki bakat.

“Momen acara ini ya selain untuk menjaga budaya sunda juga untuk menjaring atlet pencak silat yang berbakat sejak SD. Acara ini juga akan di hadiri oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan juga perwakilan dari Gubernur Jawa Barat. Jadi siswa yang berbakat akan mendapatkan kesempatan tampil mewakili Bandung atau bahkan Indonesia,” ujar Sophiana.

Sebelumnya Festival Pencak Silat ini akan digelar pada pertengahan april. Namun, karena bertepatan dengan Pemilu 2019, diundur menjadi akhir april.

“Awalnya kegiatan ini ingin dilaksakan pertengahan April. Tapi karena Pemilu jadi terpaksa kita undur jadi akhir April,” tambah Sophiana.

Ia pun berharap acara melalui acara ini akan muncul atlet-atlet pencak silat berbakat yang mampu membanggakan Indonesia .

Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Al-Ghifari, Didit mengatakan kegiatan ini juga dibantu panitia yang juga siswa SMP Al-Ghifari. Mereka berasal dari  OSIS, Paskibra dan Pramuka.

“Kegiatan ini juga sebagai latihan kita di bidang kewirausahaan. Kalo yang osis, Paskibra dan Pramuka bantu mengamankan kegiatan ini,” ujar Didit Ketua Osis SMP Al-Ghifari.

Sebanyak 12 piala diberikan kepada peserta yang berhasil mengambil hati dewan juri. Di antaranya Piala tetap, Piala Bergilir dan Juara 1 sampai 5.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments