Webinar Nasional Green Economy: Bertransformasi Menuju Keberlangsungan Lingkungan

JURNALPOSMEDIA.COM – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat UIN Bandung mengadakan Webinar nasional bertemakan “Green Economy: Transformasi Green Economy di Masa pandemi” Rabu (30/03/2022). Webinar ini bertujuan untuk memperkenalkan transformasi pembangunan ekonomi linear ke sirkular pada generasi muda.

Specialist Devisi Pasar Modal Syariah PT. Bursa Efek Indonesia, Derry Yustria menerangkan, pembangunan ekonomi dengan keberlangsungan alam memiliki hubungan yang selaras.

“Contohnya madu dapet dari mana? Prosesnya tuh dari simbiosis mutualisme antara lebah sama bunga dan ini sebenarnya sangat berkaitan kalau misalnya bahan perekonomian diawali dengan sesuatu yang baik dengan proses yang baik hasilnya juga akan baik”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, CEO ESGI sekaligus Dosen Akuntansi Universitas Airlangga, Imam Harymawan menegaskan, green economy juga merupakan salah satu faktor yang mempercepat recovery suatu negara di masa pandemi ini.

Ia juga berpendapat bahwa jika saat ini para pelaku usaha di Indonesia menerapkan perekonomian yang ramah lingkungan, maka akan terjadi perubahan besar bagi negara kita. Namun sayangnya, mereka masih mementingkan keuntungan yang besar tanpa memperhatikan lingkungan.

“Kalau 50% pengusaha kita sudah memikirkan bagaimana mereka beraktivitas dengan alam, maka terjadi inovasi yang sungguh sangat besar di Indonesia. Namun sekarang, proses inovasi itu kalah dengan proses komersialisasi maka lingkungan seringkali diwabahkan,” pungkasnya.

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.