Tips Khatamkan Al-Qur’an Selama Ramadan

JURNALPOSMEDIA.COM – Bulan suci Ramadan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sebagai umat Islam, kita diperintah untuk meningkatkan membaca Al-Qur’an karena pahala pada bulan ini dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Setiap Muslim berlomba-lomba agar mendapatkan keberkahan dari memuliakan Al-Qur’an, bahkan tidak sedikit yang menargetkan untuk mengkhatamkannya pada Ramadan. Untuk itu, kali ini Jurnalposmedia akan berbagi tips agar kamu dapat mencapai target tersebut.

  1. Perkuat Niat

Mengkhatamkan Al-Qur’an satu bulan penuh bukanlah perkara mudah. Akan ada berbagai rintangan di tengah jalan, seperti rasa malas atau karena kesibukan. Namun akan terasa berbeda jika kamu sudah menguatkan niat untuk melaksanakannya karena Allah semata.

Niat yang kuat akan memacu kamu untuk menamatkannya dengan tepat waktu tanpa paksaan. Upayakan selalu memperbarui niat agar tetap memiliki motivasi yang tinggi.

Hindari berniat agar bisa dipuji oleh orang lain (riya’), karena dengan begitu ibadahmu tidak dicatat sebagai pahala dan tidak akan mendapat ridha Allah.

  1. Jadwalkan Waktu Tadarus

Setelah berniat, langkah selanjutnya adalah mulai menjadwalkan waktu bertadarus secara terperinci dan terukur. Kamu dapat membagi waktu dalam setiap harinya untuk membaca Al-Qur’an, atur jadwal sesuai dengan kesibukan yang tengah dijalani. Jangan sampai karena waktu yang terlalu dipaksakan malah membuat jadwalmu berantakan karena bertabrakan dengan hal lain.

Dalam satu bulan Ramadan, anggaplah ada 30 hari, maka kamu dapat menargetkan 1 Juz Al-Qur’an setiap harinya. Lalu 1 Juz Al-Qur’an rata-rata sebanyak 10 lembar, sehingga kamu dapat membaginya ke dalam lima waktu selepas shalat fardu. Adapun lebih baik lagi ketika kamu membacanya lebih dari yang telah dijadwalkan.

Dengan schedulling yang tepat, targetan mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadan akan lebih besar kemungkinannya untuk bisa terealisasikan.

  1. Konsisten

Tidak ada sesuatu sekecil apapun yang berhasil jika tidak dijalani dengan konsistensi. Hal ini menjadi sangat penting, terlebih ketika kamu baru membangun kebiasaan membaca Al-Qur’an. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Allah sangat mencintai amalan yang dikerjalan secara konsisten.

“Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah adalah yang terus-menerus (kontinu) meski sedikit.” (HR Muslim).

  1. Unduh Aplikasi Al-Qur’an di Ponsel

Cara ini bisa memudahkan kamu untuk tadarus di mana dan kapan saja. Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi Al-Qur’an yang bisa kamu unduh secara gratis, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur’an di situasi apapun.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadan. Tentu semua akan terasa sulit bila kamu tidak memiliki niat yang kuat dan konsisten untuk menjalankannya. Tanamkan mindset bahwa tadarus bisa menjadi penghapus dosa dan menambah pahala, maka insyaallah Al-Qur’an pun bisa menjadi sahabatmu selama Ramadan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.