Fri, 23 February 2024

Rekomendasi Open Space Jakarta untuk Menghilangkan Penat Kesibukan Ibu Kota

Reporter: Adinda Ayu Larasati | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 1010 kali

Sun, 17 September 2023
Taman Literasi Martha Christina Tiahahu (Sumber by Tata Kota)

JURNALPOSMEDIA.COM – Jakarta selalu dikenal dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi serta kemacetan dan polusinya. Tapi tahukah kamu di Jakarta juga ada Open space yang mudah dikunjungi dengan menggunakan transportasi umum dan tanpa tiket masuk, lho.

Bosan ‘kan, ya, ke Jakarta tapi yang bisa dikunjungi hanya Mall atau gedung-gedung besar? Tempat-tempat berikut ini bisa jadi referensi tempat untuk berimajinasi yang dapat dikunjungi jika kamu ada di Jakarta.

Untuk melepas penat dari kesibukan ibu kota tidak perlu pergi jauh ke Bogor atau Bandung lagi. Meski letaknya berada di ibu kota besar yang diapit dengan gedung-gedung tinggi, open space ini tetap dihiasi dengan pepohonan yang rindang dan rumput hijau untuk menyegarkan mata. Berikut rekomendasi open space yang ada di Jakarta:

  1. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan

Open space yang pertama ada taman literasi yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan. Taman literasi ini tidak hanya sekadar open space atau taman pada umumnya, sebab di dalamnya terdapat perpustakaan umum dan banyak buku-buku yang dapat dibaca selagi duduk di taman literasi ini.

Ruang perpustakaan di taman ini merupakan hasil kolaborasi antara Perpustakaan Jakarta dan Gramedia. Di dalamnya terdapat healing garden, plaza anak, area amphitheater, ruang baca dan diskusi, toko buku, kedai kopi, photobox, serta fasilitas penunjang seperti musala dan toilet.

  1. M Bloc Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Open space yang kedua ada M Bloc Space yang berlokasi dekat dengan taman literasi, Blok M, Jakarta Selatan. M Bloc Space merupakan bekas bangunan tua milik Perum Peruri yang sekarang beralih fungsi menjadi creative space Jakarta paling hits.

Selain untuk tempat bersantai, tempat ini juga terdapat banyak kafe dan aneka kuliner, studio foto, pertunjukan musik, workshop, pameran, dan lain sebagainya. Terdapat juga galeri Museum Peruri yang menampilkan mesin kuno pencetak uang, toko kaset, CD, dan vinyl kuno. Dijamin nggak akan nyesel deh selama main ke tempat ini!

  1. Hutan Kota GBK, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Open space yang ketiga ada Hutan Kota yang merupakan bagian dari Gelora Bung Karno Sports Complex yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Pengunjung bisa datang setiap hari sampai jam 18.00 WIB tanpa dipungut biaya.

Lokasinya yang berada di tengah kota dan kawasan perkantoran ini bisa menjadi alternatif untuk mencuci mata dan menyegarkan pikiran. Hutan kota ini dihiasi dengan hamparan rumput hijau yang membentang dan latar belakang gedung tinggi kawasan SCBD.

Nah, itulah tiga open space Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi tempat hangout atau me time dari penatnya kesibukan sehari-hari. Kira kira kamu tertarik untuk datang ke tempat yang mana, nih?

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments