Tue, 16 April 2024

Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an yang Jatuh Pada 17 Ramadan

Reporter: Siti Barkah | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 161 kali

Fri, 7 April 2023
Ilustrasi: Pikabay

JURNALPOSMEDIA.COM – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan dan keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah Swt. kepada kaum mukminin yang beriman dan bertakwa. Salah satu keutamaan bulan Ramadan yaitu dengan diturunkannya Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam.

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam memiliki peran yang krusial yaitu sebagai pegangan dan dasar bagi kehidupan. Dalam sejarahnya, Al-Qur’an tidak sekaligus diturunkan kepada Rasulullah Saw. Namun, ayat-ayat Al-Qur’an diturunkan secara bertahap dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Salah satu peristiwa yang terkait dengan sejarah turunnya Al-Qur’an ke bumi adalah Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an sendiri merupakan peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw. pada malam ke-17 Ramadan.

Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah surat Al-‘Alaq ayat 1-5. Turunnya ayat ini menjadi tanda awal kenabian Muhammad Saw. Selain itu, turunnya Al-Qur’an juga menjadi awal dari perjuangan menyebarkan agama Islam di Jazirah Arab.

Adapun berikut ini keutamaan malam Nuzulul Qur’an yang Jurnalposmedia rangkum untuk Anda.

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Nuzulul Qur’an disebut lebih baik dari seribu bulan memiliki makna bahwa amalan dan ibadah yang dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan. Hal itu didasarkan pada firman Allah Swt. dalam Surat Al-Qadr ayat 3.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

2. Diampuni Segala Dosa

Dalam beberapa hadis dijelaskan barang siapa orang yang menghidupkan malam Nuzulul Qur’an akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah Swt. hingga diibaratkan seperti bayi yang baru saja lahir ke dunia.

3. Malam Penuh Keberkahan

Malam Nuzulul Qur’an juga menjadi salah satu malam yang penuh berkah. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3.

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. ) Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhan ayat 3).
Selain itu, disebut malam penuh berkah karena Al-Qur’an diturunkan ke Bumi dalam satu malam di bulan Ramadan.

Itulah tiga keistimewaan malam Nuzulul Qur’an. Sebagai kaum muslimin yang beriman dan bertakwa, semoga kita selalu diberikan kelancaran dan keberkahan menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments