Sat, 18 May 2024

Jurnalistik Mengajar, Wujud Kepedulian Warga Jurnalistik Terhadap Pendidikan

Reporter: Tina Susilawati | Redaktur: Muhammad Fauzan P | Dibaca 331 kali

Sat, 16 November 2019
Kegiatan Jurnalistik Mengajar di Yayasan Daarul Kautsar, Cipamokolan, Kota Bandung. Jurnalistik mengajar merupakan program Jurnalistik Peduli di bawah naungan HIima Jurnalistik Bidang Nalar dan Intelektual sebagai wujud nyata warga jurnalistik terhadap pendidikan di masyarakat. (Dokumentasi Pribadi)

JURNALPOSMEDIA.COM- Jurnalistik Mengajar atau jurjar merupakan salah satu program kerja (proker) dari Jurnalistik Peduli dibawah naungan HIMA Jurnalistik bidang nalar dan intelektual. Jurjar sendiri sudah  dua  kali dilaksanakan. Dimulai  dari  dibukannya volunteer pertama hingga volunteer kedua ini. Untuk volunteer kedua, jurjar diadakan  di Yayasan Daarul Kautsar, Cipamokolan, Kota Bandung yang merupakan rumah Al-Qur’ an dengan tujuan peduli pendidikan.

“Jadi awalnya ini dari  jurnalistik peduli ya atau jupe. Jupe membuat proker – proker, salah satunya adalah Jurnalistik Mengajar. Jurjar ini baru dilaksanakan dua kali.  Tahun kemarin dan tahun ini. Tahun kemaren belum dinamakan Jurjar, baru  dinamakan Jurjar ini waktu  tahun sekarang ya. Memarin namanya masih jurnalistik peduli pendidikan,” ucap Koordinator Jurnalistik Mengajar, Ayu.

Ayu pun menambahkan tujuan diadakannya jurnalistik mengajar ini adalah adanya kepedulian mahasiswa Jurnalistik akan pendidikan yang ada saat ini.

“Peduli Pendidikan ya dalam artian sebagai mahasiswa jurnalistik  juga kita memberi edukasi Pendidikan bagi anak anak yang membutuhkan. Berhubung kita mahasiswa Jurnalistik, jadi  materi yang kita berikan itu enggak jauh dari ilmu komunikasi jurnalistik itu sendiri. Mereka (anak-anak) disuruh untuk  kedepan untuk public speaking atau  disuruh untuk  berani berbicara lalu belajar seperti potret, menulis dan lain sebagainya,” tambahnya..

Pembina Yayasan Daarul Kautsar, Yusuf  mengaku sangat berterima kasih kepada mahasiswa Jurnalisti yang telah melakukan aksi nyata terhadap dunia pendidikan.

“Alhamdulillah ya.  Terimakasih sebelumnya kakak – kakak  dari UIN Bandung yang sudah luar biasa peduli pada anak – anak.  Sudah mau memberikan materi yang sungguh sangat luar biasa. Karena ini selama kami mendampingi anak – anak baru pertama kali ini ada mahasiswa ikut berkontribusi untuk  mencerdaskan, membangun karakter akhlak anak – anak  di madrasah kami ini,” ujar Yusuf

Menurutnnya, anak – anak sangat menanti kedatangan para mahasiswa disetiap minggunnya.

“Respon anak  anak sungguh luar biasa dan sangat antusias. Mereka mengapresiasi kakak – kakak  dari  UIN ini sungguh luar biasa. Kehadirannnya sangat ditunggu. Karena sudah terbangun  emosional  mereka  dengan kakak – kakak yang ikut hadir dalam acara ini,” terangnya.

Ia pun berharap agar acara jurnalistik mengajar ini akan terus menerus diadakan.

“Harapan  kami  acara  ini  terus berkelanjutan. Mungkin nanti untuk generasi selanjutnya bisa ditularkan karena generasi yang mengikuti ini akan melewati masa yang baru sehinngga generasi  yang baru akan merasakannya,” pungkas Yusuf.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments