Sun, 21 April 2024

Pentingnya Sejarah Hari Komunikasi Internasional

Reporter: Prise | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 269 kali

Wed, 17 May 2023
Ilustrasi by Pixabay

JURNALPOSMEDIA– Setiap tahunnya pada 17 Mei diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Sebagai manusia yang menjalankan komunikasi setiap waktunya tentu Anda juga perlu mengetahui sejarah Hari Komunikasi Internasional ini.

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan secara langsung maupun tidak langsung. Saat berkomunikasi idealnya memerlukan feedback sebagai bentuk komunikasi interaktif.

Kajian dalam lingkup Internasional atau informasi yang masuk dan keluar melalui batas negara, itulah yang disebut Komunikasi Internasional. Komunikasi Internasional biasanya dilakukan oleh pelaku politik atau wakil negara dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan negara.

Hubungan antarnegara semakin dinamis seiring berkembangnya teknologi. Sehingga guna mencapai keinginan bersama, komunikasi Internasional semakin diperlukan.

Awalnya radio, telegraf, televisi, dan internet ditemukan secara berturut-turut oleh Guglielmo Marconi, Samuel Morse, John Logie Baird, Vintun G.Cert, serta Robert E  Kahn. Tokoh tersebut merupakan penemu media yang dinilai efektif daam menyebarkan informasi kejadian dari seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan sejarah Hari Komunikasi Internasional?

Sejarah Hari Komunikasi Internasional

Komunikasi merupakan kata yang berasal dari bahasa Roma yaitu retorik, artinya seni berbicara. Sebab pada masanya komunikasi dilakukan secara tatap muka dari mulut ke mulut. Bahkan tidak sedikit melalui teriakan dari bukit satu ke bukit lainnya.

Kemudian telegraf ditemukan ditahun 1920. Telegraf merupakan alat komunikasi jarak jauh menggunakan aliran listrik yang berbentuk kode melalui kabel. Untuk mendorong perkembangan telegraf dan seiring berjalannya waktu, surat kabar berkontribusi dan mengambil peran penting telegraf. Lama-kelamaan telegraf tidak lagi menggunakan kode.

Agensi surat mulai menjamur setelah surat kabar ditemukan mulai dari negara Eropa, Asia, hingga Amerika. Router dan Havas merupakan salah satu agensi surat yang paling terkenal saat itu.

Dengan berkembangnya alat komunikasi, hal itu memicu bermunculannya perfilman dan musik. Saat itu, komunikasi melalui musik dan film sangat memengaruhi pola pikir semua orang tanpa disadari.

Komunikasi Internasional saat ini

Tujuan komunikasi Internasional pertama kali untuk menyampaikan informasi penjajahan sebagai alat propaganda. Radio menjadi alat penyampaian informasi yang digunakan pada perang dingin Uni Soviet dan Amerika. Radio menjadi alat penyampaian informasi yang efektif dan ringkas dalam menyebarkan isu propaganda.

Singkatnya, komunikasi Internasional tidak lagi digunakan untuk melakukan penjajahan ataupun informasi perdagangan melainkan sudah dijadikan acuan bagi negara dalam melakukan komunikasi politik, ekonomi, dan bisnis antar negara guna mencapai kesepakatan bersama. Komunikasi Internasional juga seringkali sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments