Sun, 21 July 2024

Jurnalistik Mengabdi 2023 Hadir Realisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Reporter: Zahra Dwi Aqilah | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 274 kali

Thu, 30 November 2023
Jurnalistik Peduli mengadakan sebuah gerakan yang dilaksanakan di Desa Neglasari, Garut. (Sumber Foto: Zahra Dwi Aqilah/Jurnalposmedia).

JURNALPOSMEDIA.COM – Jurnalistik Peduli mengadakan sebuah gerakan yang biasa disebut Jurnalistik Mengabdi (Jurdi). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Neglasari, Kampung Babakan Singkur Kabupaten Garut pada 27 November hingga 1 Desember 2023.

Jurdi merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung bidang Intelektual dan Sosial (Insos) dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi mengenai pengabdian terhadap masyarakat. Gebrakan ini diadakan rutin tiap tahunnya yang bertujuan agar dapat bersosialisasi dengan masyarakat terkhususnya di pedesaan.

Ketua bidang Insos periode 2022/2023, Naufal Rahman membeberkan manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini, baik bagi pihak panitia pelaksana maupun pihak warga setempat.

“Bagi panitia kegiatan ini bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga untuk saling merasakan bagaimana rasanya terjun langsung dalam masyarakat dan menebarkan hal baik. Sedangkan bagi masyarakat kegiatan ini memiliki dampak yang baik untuk lingkungan sekitar serta karena kita memberikan bantuan berupa sembako itu juga menjadi adalah satu manfaat bagi masyarakatnya,” ungkapnya.

Lokasi yang tidak terlalu jauh dan dirasa cocok dengan kriteria lokasi yang sudah ditentukan menjadi salah satu alasan mengapa panitia memilih Desa Neglasari, Kabupaten Garut sebagai destinasi bakti sosial kali ini. Namun, pihak panitia pun mengaku bahwa kesulitan mencari lokasi adalah salah satu kendala yang dirasakan.

Ketua Pelaksana Jurnalistik Peduli, Vina Sri Wulandari, menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilakukan selama enam hari ke depan.

“Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh panitia diantaranya, mengajar di SDN 2 dan 3 Neglasari, clean up, menanam pohon bersama untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, berdonasi, dan acara bakti sosial lainnya,” jelasnya.

Warga desa setempat juga sangat menyambut ramah para panitia dan bersosialisasi dengan baik. Mereka mengaku senang dengan kedatangan para mahasiswa aktivis yang antusias untuk membantu desa dan mengajar anak-anak.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments