Tue, 16 April 2024

Iftar Bersama dan Milad Jurnalistik Ke-21 Tutup Jufair 2019

Reporter: Ratih Pratiwi | Redaktur: Muhammad Fauzan P | Dibaca 113 kali

Sat, 18 May 2019
Foto bersama keluarga besar Jurnalistik dalam acara iftar bersama dan Milad Jurnalilstik digelar di Aula Abdjan Sulaeman, Jum' at (17/05/2019). Acara ini menutup rangkaian acara Jufair 2019. (Dokumentasi Panitia).

JURNALPOSMEDIA.COM-Jurnalistik UIN Bandung sukses gelar acara Buka Saum (iftar) Bersama dan Milad Jurnalistik Ke-2, sekaligus menutup rangkaian acara Jufair 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (17/05/2019), bertempat di Aula Abjan Soelaiman, Kampus UIN Bandung.

Panjangnya perjalanan dan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan terhitung muali dari pertengahan April lalu hingga kini, terbalas oleh kemeriahan yang ada dalam puncak acara ini. Closing Jufair 2019 pun diisi berbagai kegiatan menarik. Di antaranya pengumuman dan pemberian hadiah kepara para pemenang atas lomba-lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Di antaranya pemenang lomba ketika pekan olahraga Jurnalistik, lomba fotografi serta lomba menulis artikel.

Penutupan ini dibuka oleh protokoler, lalu penampilan dari Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ), serta penampilan akustik. Selain itu, acara ini dikemas dengan tema yang Islami karena bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan. Semua tamu yang datang atau hadir diharuskan berpakaian yang sesuai dengan tema Islami.

Sebelum iftar bersama, disuguhkan terlebih dahulu penampilan Hadroh yang dipersembahkan oleh para santri dari pesantren Ar-Raaid dan penampilan dari Anak Yatim. Penampilan Vocalistik oleh beberapa mahasiswa Jurnalistik pun turut memeriahkan acara. Do’ a bersama oleh anak yatim, serta tausyiah dari alumni Jurnalistik menjadi penutup sebelum buka saum bersama.

Tak kalah menarik, setiap kelas mengirimkan beberapa delegasinya untuk berpartisipasi dalam lomba menghias tumpeng dengan tema ‘Nusantara’. Tumpeng yang sudah dihias kemudian dinilai oleh juri. Kreasi yang paling menarik menjadi salah satu kriteria penilaian.

Menjelang berbuka, yaitu pembagian takjil dan tumpeng yang semula dilombakan oleh masing-masing kelas. Selanjutnya adalah simbolisasi penutupan acara dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua IKA Jurnalistik, Andri Ridwan Fauzi bersama Presiden Mahasiswa (Presma) Jurnalistik, Reival Akbar Rivawan, lalu pemberian donasi untuk anak yatim. Di akhir acara, dilakukan foto bersama keluarga besar Jurnalistik.

Sejalan dengan kegiatan diatas, Ketua Pelaksana, Robi Hermawan mengatakan digelarnya acara ini unntuk menjalin dan mempererat silaturahim keluarga besar Jurnalistik.

“Tujuannya yaitu untuk menjalin serta mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa Jurnalistik aktif beserta alumni dan para pegawai kampus seperti Satpam serta Cleaning Service,” ungkapnya.

Robi pun mengungkapkan alasan disatukannya tiga kegiatan besar dalam satu rangkaian acara tersebut.

“Karena buka bersama ini adalah program kerja terakhir setengah periode di HIMA Jurnalistik. Jadi closing Jufair ini sebagai acara Milad, yang langsung disatukkan dan diletakkan pada acara buka bersama,” tutupnya

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments