Mengenal Obat Tradisional, Alternatif Lain dalam Menyembuhkan Penyakit

JURNALPOSMEDIA.COM – Nah, pasti banyak yang belum tahu ‘kan kalau obat tradisional sangat berguna sekali bagi kita, terutama bagi kesehatan.

Di Indonesia, banyak sekali ramuan obat herbal tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, banyak peneliti yang sedang mencoba meneliti kandungan serta manfaat dari macam-macam obat tradisional tersebut.

Macam-macam Obat Tradisional

Ada berbagai macam obat tradisonal, seperti handeuleum sebagai obat herbal yang mampu menurunkan kadar gula darah. Khasiatnya bahkan disebut mirip dengan dengan metformin. Yakni, obat antidiabetes yang membantu menurunkan penyerapan kolesterol jahat dari asupan berlemak yang Anda konsumsi sehari-hari.

Selain handeuleum, ada juga obat herbal seperti jahe. Obat tradisional jahe dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol jahat dari asupan berlemak yang Anda konsumsi sehari-hari.

Lalu, ada juga lho obat tradisonal yang sangat bermanfaat. Seperti halnya teh dandelion atau ekstrak dandelion yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Teh dandelion dapat menurunkan kadar asam urat pada orang yang berisiko mengalami cedera ginjal.

Kemudian, terdapat kembang sepatu yang biasanya dibuat menjadi teh dan obat herbal tradisional. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar asam urat.

Manfaat Obat Tradisional

Indonesia adalah negara yang memiliki bahan baku tanaman obat yang begitu banyak dan beraneka ragam yang tersebar di seluruh daerah. Sehingga, hal ini dimanfaatkan dalam pelayanan pengobatan tradisional.

Pemerintah terus mendorong pengembangan di bidang pengobatan tradisional. Hal ini dilakukan dengan menyiapkan beberapa rumah sakit yang mampu memberikan pengobatan tradisional dan puskesmas dengan poli pengobatan tradisional.

Selain itu, beberapa rumah sakit swasta juga berinisiatif memasukkan pengobatan tradisional.

Obat herbal sangat bermanfaat untuk anak-anak. Obat herbal untuk anak yang mengandung bahan herbal, yakni ekstra jambu biji, teh, jahe, dan kunyit. Misalnya, obat Entrostop Herbal praktis diminum dan dapat redakan diare pada anak.

Selain itu, obat herbal tidak akan ada efek samping yang terjadi ketika dikonsumsi, berbeda dengan obat kimia. Jika yang memiliki alergi obat, maka akan terjadi kontraksi dengan obat kimia tersebut. Efek samping yang dirasakan bisa terjadi gatal-gatal pada tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, obat herbal kemungkinan bisa membantu dalam memberikan ketahanan pada tubuh. Selain itu, dapat menghilangkan penyakit, walaupun hasilnya tidak secepat obat yang biasa kita makan.

Jadi, tanaman yang ditanam oleh orang terdahulu, bila kita dapat mengolahnya maka akan menjadi sebuah ramuan dengan efek yang bagus pada tubuh.

Oleh karena itu, jaga dan rawatlah tanaman yang ada di alam dengan baik. Sehingga, generasi yang akan datang bisa merasakan khasiat dari tanaman yang sudah ditanam oleh leluhur kita.

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.