Sat, 24 February 2024

UMPTKIN di UIN Bandung Berlangsung Kondusif

Reporter: Reta Amaliyah, Rico Bagus/Magang | Redaktur: Monica Deasy Deria | Dibaca 218 kali

Tue, 23 May 2017
Sejumlah peserta UMPTKIN 2017 rumpun IPS tengah mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) di ruang 17 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Bandung pada Selasa (23/05/2017).(Rico Bagus/Magang)
Sejumlah peserta UMPTKIN 2017 rumpun IPS tengah mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) di ruang 17 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Bandung pada Selasa (23/05/2017).(Rico Bagus/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM – UIN Bandung menjadi salah satu penyelenggara Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (23/05/2017). Pelaksanaan UMPTKIN di UIN Bandung terbilang sukses secara teknis walaupun ada beberapa kendala ketika persiapan ujian.

Staff Ahli Warek I sekaligus Sekretaris Panlok UIN Bandung, Dr. Moh. Eri Hadiana, M.Pd menyampaikan bahwa pelaksanaan UMPTKIN terlalu berdekatan dengan jadwal SBMPTN yang diselenggarakan sepekan lalu, sehingga panitia sedikit kewalahan karena harus melakukan persiapan secara mendadak. Kegiatan UMPTKIN ini juga mempengaruhi jadwal perkuliahan. Mahasiswa terpaksa diliburkan karena ruang kuliah dipakai untuk keperluan ujian. Libur awal puasa ramadhan yang berbenturan dengan jadwal UAS juga menjadi kendala lain yang mesti dihadapi pihak universitas.

Situasi di ruangan ketika pelaksanaan ujian sendiri sudah cukup kondusif. Pengawas dan peserta ujian datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Sejumlah peserta ujian juga begitu antusias mengikuti kegiatan UMPTKIN terlihat dari pemanfaatan waktu istirahat yang digunakan untuk belajar sebelum ujian sesi kedua dimulai.

Salah satu peserta UMPTKIN, Khania Nurul Qolbi (18) asal MAN 1 Kota Serang yang memilih jurusan PAI dan Tafsir Hadits UIN Bandung menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan UMPTKIN 2017. “Alhamdulillah tidak ada masalah ketika pengerjaan soal dan situasi juga hening sehingga saya dapat berkonsentrasi. Semoga saya lolos dan dapat belajar di UIN Bandung.”

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments