Tue, 16 April 2024

Gedung Kuliah Bertambah, Say Good Bye To Kuliah Nyubuh

Reporter: Sylva Anggraeni | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 171 kali

Sun, 25 February 2024
(Ilustrasi oleh: Friska Wulandari/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Kuliah jam ke-0 merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Dakom) UIN Bandung. Pasalnya, hanya di fakultas inilah terdapat jadwal kuliah pagi jam ke-0 yang dimulai pukul 06.00-07.25 WIB.

Perkuliahan yang dimulai pagi, menyebabkan beberapa mahasiswa membuat candaan kalau kuliah jam ke-0 adalah kuliah nyubuh. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang khususnya mempunyai rumah dengan jarak cukup jauh dari kampus harus berangkat sejak subuh agar tidak tertinggal kelas. Terlebih adanya mahasiswa yang sudah datang lebih pagi sebelum dimulainya kelas juga harus menunggu petugas untuk membuka ruang kelas yang masih terkunci.

Tapi sekarang kuliah jam ke-0 di semester genap ini mulai ditiadakan. Informasi ini didapat dari unggahan akun Instagram milik fakultas yaitu @fdkuinbandung. Dalam unggahannya, tertulis,

“Tapi entah ini kabar baik atau nanti dikangenin, bahwa pada jadwal semester genap ini tidak ada kuliah jam ke-0 dan hari Sabtu,” tulis unggahan.

Sontak unggahan tersebut mendapat banyak respon dari mahasiswa.  Mulai dari memberikan tanggapan bersyukur karena tidak harus masuk angin sebab tidak pergi ke kampus sejak subuh atau tidak melihat temannya memakai baju terbalik karena terburu-buru datang ke kampus, hingga ada yang berkomentar kalau kuliah nyubuh akan selalu dirindukan nantinya.

Alasan Jam Ke-0 Dihapuskan

Lalu muncul pula pertanyaan kenapa tidak dari dulu saja jam ke-0 dihapuskan? Jawabannya antara lain disebabkan kurangnya ruang kelas untuk menampung seluruh mahasiswa Fakultas Dakom, yang menyebabkan beberapa kelas harus dimulai sejak pagi pada pukul 06.00 WIB. Bahkan uniknya, ada beberapa ruang kelas dari Fakultas Adab dan Humaniora (Adhum) juga ikut digunakan untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas Fakultas Dakom.

Berdasarkan informasi yang didapat dari pihak kampus khususnya Fakultas Dakom, kelas pada jam ke-0 mulai ditiadakan karena gedung kuliah baru di kampus dua sudah diresmikan bulan Januari dan akan mulai digunakan saat perkuliahan semester genap tahun 2024. Dua dari tujuh fakultas yang ada di kampus satu bergeser dan pindah ke kampus dua. Bahkan dalam komentar di Instagram, akun @fdkuinbandung membalas kalau ada 11 kelas ruang kuliah ex Fakultas Ushuludin yang kini dipakai sebagai ruang kuliah Fakultas Dakom.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments