Tue, 16 April 2024

Pentingnya Menjaga Air untuk Kelangsungan Hidup

Reporter: Prise | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 245 kali

Wed, 22 March 2023
Sumber Foto: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah hari yang diperingati sebagai usaha untuk menarik perhatian publik masyarakat sedunia mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan serta usaha penyadaran untuk melindungi Sumber Daya Air (SDA) bersih secara berkelanjutan.

Peringatan Hari Air Sedunia pertama kali diumumkan pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-47 di Brasil. Kemudian sidang tersebut direspon PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia.

Air sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan seluruh makhluk hidup. Tumbuhan memerlukan air untuk proses pembuatan makanan (fotosintesis). Air merupakan pusat kehidupan manusia, hampir semua kegiatan pokok seperti makan, minum, dan mandi memerlukan air yang idealnya berkualitas baik.

Baik buruknya kualitas air akan memengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Jika kualitas air buruk, maka akan menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit, hingga keracunan.

Dengan itu, sangat diperlukannya pelestarian air agar tidak menjadi bencana dan mencemari kesehatan makhluk hidup. Berikut cara menjaga kebersihan Sumber Daya Air:

1. Menjaga lingkungan

Air di sekitar kita tidak akan mudah tercemar jika lingkungan terjaga, terutama dari sampah.

2. Bijak menggunakan air

Penggunaan air yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kekeringan. Maka gunakanlah air dengan bijak agar pasokan air bersih tetap terjaga.

3. Membuang sampah pada tempatnya

Banjir terjadi karena meluapnya air di sungai yang disebabkan oleh sampah sehingga air sungai tidak mengalir karena tersumbat sampah.

4. Melestarikan pohon

Hutan di sepanjang aliran air juga bertindak sebagai penyaring, sehingga melestarikan atau menanam pohon di sepanjang sungai juga dapat membantu untuk menjaga saluran air bersih.

5. Buang limbah kimia dengan benar

Jangan buang di sungai yang dapat mencemarkan air serta kehidupan masyarakat. Buang bahan berbahaya seperti cat, oli motor, dan material kimia lainnya dengan benar.

6. Mengadakan penyuluhan

Sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang belum sadar pentingnya menjaga air. Untuk itu, mulailah ajak masyarakat sekitar untuk turut menjaga dan melestarikan air bersih demi kenyamanan bersama.

Di Hari Air Sedunia ini, mari kita jaga kualitas air agar tetap bersih dan tidak menjadi sumber penyakit. Mulai dari diri sendiri ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments