Sat, 24 February 2024

Diadakan sebagai Ruang Aduan dan Aspirasi Mahasiswa, Ketua Dema-U: Posbama untuk Membantu Permasalahan Mahasiswa

Reporter: Sopiyani Solihah dan Widi Dwi H | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 289 kali

Mon, 15 May 2023
Suasana pelaksanaan Posbama di Halaman Aula Anwar Musaddad UIN Bandung. (Sumber Foto: Sopiyani Solihah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA – Bidang Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema-U) mengadakan pembukaan Pos Bantuan Mahasiswa (Posbama) sebagai ruang aduan dan aspirasi Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Aula Anwar Musaddad UIN Bandung, Senin (15/5/2023).

Posbama merupakan salah satu program dari Kemenkumham Dema-U UIN Bandung. Program ini bertujuan memberikan pendampingan hukum, pengawal HAM, pembelaan, dan menindaklanjuti hak-hak mahasiswa UIN Bandung.

Ketua Dema-U, M. Arya Pradana mengatakan Posbama dihadirkan dengan tujuan untuk membantu permasalahan para mahasiswa.

“Tujuannya, Dema-U hadir di tengah mahasiswa untuk membantu permasalahan. Entah itu masalah kekerasan seksual, akademik, atau masalah lainnya di internal kampus,” ungkapnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Senin (15/5/2023).

Lebih jelasnya, selain sebagai sarana aspirasi dan perlindungan bagi mahasiswa, Posbama juga merupakan wujud dari tugas Menteri Hukum dan HAM. Tugas tersebut ialah melindungi hak mahasiswa dengan landasan Ketetapan Senat UIN Bandung Nomor 4 tahun 2023 tentang Garis Besar Haluan Organisasi UIN Bandung Periode 2023-2024, dan BAB XIII tentang Tugas dan Fungsi Bidang Hukum dan HAM Dema-U.

Untuk alur pengaduannya sendiri, Posbama bisa dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung. Pada teknis secara langsung, pengadu bisa menyampaikan aspirasi atau keluhan secara langsung kepada anggota Posbama. Sedangkan teknik pengaduan tidak langsung, bisa melalui Platform digital Posbama, bit.lyBilikAspirasiMahasiswa, Electronic Mail.

“Nanti secara online disediain website, untuk yang offline bisa ketemuan juga. Tapi secara khusus pos kami ada di sekretariatan Dema-U,” jelas M.Arya Pradana.

Ketua Sub Bagian Kemahasiswaan (Kasubag), Aep mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung program Posbama. Menurutnya, Program ini sebagai bentuk pengabdian yang merupakan poin ketiga dalam Darma Perguruan Tinggi.

“Gagasan ini sangat baik, posbama merupakan unsur pengabdian yang termasuk poin tiga darma perguruan tinggi. Tahun sebelumnya baru gagasan, dan sekarang di realisasikan,” ujarnya.

Aep berharap dengan adanya Posbama ini keluhan dan keinginan dari para mahasiswa dapat disalurkan dan terselesaikan dengan baik dan adil.

“Mudah-mudahan keluhan dan kemauan mahasiswa bisa terwujud dengan adanya posbama ini,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments