5 Tips Bagi Mahasiswa UIN Bandung yang akan Menjalani Kuliah Luring

JURNALPOSMEDIA.COM – Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Rektor UIN Bandung, kegiatan Perkuliahan Tatap Muka Terbatas (PTMT) diberlakukan bagi mahasiswa angkatan 2020 (semester IV) dan 2021 (semester II).

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan secara luring dapat mendaftarkan diri di fakultas masing-masing. Namun, kamu perlu memenuhi persyaratan terlebih dahulu, seperti sudah dua kali dosis vaksin, mendapatkan izin orang tua, dan persyaratan lain yang nantinya akan diunggah di formulir kesediaan PTMT dari fakultas.

Jika persyaratan di atas sudah terpenuhi, penting bagi kamu untuk mempersiapkan beberapa hal agar siap mengikuti PTMT. Berikut ini 5 tips menjalani kuliah luring agar berjalan lancar.

1. Tentukan tempat tinggal yang cocok

Sebelum berangkat ke kampus, kamu perlu melakukan survei tempat tinggal terlebih dahulu agar tidak mendadak. Kamu bisa survei melalui media sosial, internet, maupun dari teman-teman kamu yang tinggal di Bandung.

Ada banyak rekomendasi kontrakan, indekos, ataupun pondok pesantren di sekitaran kampus UIN Bandung. Kamu tak perlu khawatir kehabisan tempat tinggal karena sebagian mahasiswa masih mengikuti perkuliahan secara daring.

2. Menerapkan protokol kesehatan

Demi kenyamanan bersama, kamu perlu melindungi diri dan orang lain dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selalu memakai masker, membawa hand sanitizer, membawa vitamin, dan obat-obatan untuk antisipasi jika sewaktu-waktu mengalami gejala sakit.

3. Manfaatkan waktu belajar di kampus dengan baik

Belajar di kelas bersama teman-teman menjadi kesempatan yang berharga saat ini. Kegiatan belajar kamu akan lebih efektif dan menyenangkan dibandingkan di ruang virtual.

Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk saling berdiskusi, bertukar pikiran, dan saling mengenal satu sama lain.

4. Membawa perlengkapan ibadah

Selain membawa alat perkuliahan, isi tas kamu juga harus diisi dengan perlengkapan ibadah sendiri. Hal itu sebagai upaya  menghindari penggunaan alat ibadah bersama-sama dengan mahasiswa lain.

Untuk mahasiswi, bawalah mukena yang mudah dilipat sehingga kamu tak perlu meminjam sana-sini saat akan beribadah.

5 Jaga kondisi tubuh

Di masa pandemi saat ini, kamu harus selalu menjaga kesehatan agar tetap prima. Tujuannya agar stamina dan fokus kamu terjaga selama mengikuti perkuliahan.

Supaya tubuh kamu fit, lakukan olahraga rutin, pola makan teratur, dan istirahat yang cukup. Selain itu, kamu perlu mengatur jadwal belajar agar tugas perkuliahan tidak menumpuk.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan, semoga perkuliahan tatap muka UIN Bandung berjalan dengan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.