Mon, 22 July 2024

Pusat Karier UIN Bandung: Layanan informasi, Pengembangan Diri, dan Rekruitmen

Reporter: Dede Nulhakim/Dimas Haikal | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 281 kali

Wed, 17 August 2022

JURNALPOSMEDIA.COM –  Pusat Karier UIN Bandung yang bertempatkan di Gedung Al-Jamiah lantai 4 adalah layanan yang memiliki fungsi sebagai pusat informasi, pengembangan diri, dan pelayanan rekruitmen dunia karier. Layanan tersebut diperuntukan untuk pihak internal (mahasiswa semester 1 hingga akhir) dan pihak eksternal (alumni dan perusahaan).

Menurut ketua Pusat Karier UIN Bandung, Betty Tresnawaty, terdapat pengurus yang beranggotakan dosen-dosen itu sendiri yang bekerja secara ikhlas untuk beramal tanpa tunjangan.

“Setiap tahunnya, kami para pengurus memiliki program kerja yang berbeda dan bermanfaat bagi yang membutuhkan,”

Sebagai contoh, Betty menjelaskan bahwa pada tahun 2021, program kerja yang dilaksanakan diantaranya sebagai berikut:

  1. Seminar Persiapan Karier

Seminar ini diadakan untuk memberikan pelatihan soft skill agar para mahasiswa lebih siap terjun di dunia kerja. Persiapan karier ini dibagi menjadi 4 level sesuai tingkatan mahasiswa, misalnya mahasiswa tingkat 1 akan berbentuk talent mapping, penguatan motivasi,  dst.

  1. Company Gathering

Dilaksanakan untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan agar memudahkan networking para alumni untuk mencari kerja.

  1. Alumni Gathering

Alumni gathering merupakan acara untuk menyatukan alumni agar semakin kuat ikatan dengan almamaternya.

  1. Tracer Study

Tracer study diadakan untuk melacak jejak alumni yang sudah terserap di dunia kerja. Data outputnya ini sangat dibutuhkan sebagai syarat baik akreditasi per prodi maupun akreditasi perguruan tinggi.

  1. Career Days

Career Days adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat job fair dan ekspo kewirausahaan.

“Untuk tahun 2022, program kerjanya sama seperti pada tahun 2021. Kami juga selalu berusaha untuk bekerja sama dengan alumni. Namun, ikatan alumni kurang kompak,” jelasnya.

Menurutnya, kurangnya kekompakkan ikatan alumni terjadi karena aktivitas yang vakum setelah ketua alumni sebelumnya wafat dan belum ada pengganti yang baru. Namun, para pengurus pusat karir mengupayakan agar solidaritas alumni dapat meningkat.

“Sebagai upaya mengatasi kurangnya kekompakkan ikatan alumni, kami sudah bekerja sama dengan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dengan menggelar Alumni Gathering bertajuk Memperkuat Ikatan dengan Alumni yang diselenggarakan di Shakti Hotel. Kami juga membentuk grup WhatsApp Alumni setiap Program Studi (Prodi),” tuturnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments