Fri, 23 February 2024

4 Tips Mudik Hemat untuk Mahasiswa Rantau yang Ramah Kantong

Reporter: Siti Barkah | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 144 kali

Sat, 8 April 2023
Sumber Foto: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM- Menjelang hari raya Idul Fitri tentunya kebersamaan bersama keluarga merupakan momen yang tidak boleh terlewatkan, terlebih bagi mahasiswa yang merantau di luar kota.

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari raya tiba. Sebagai mahasiswa rantau yang hidup jauh dari orang tua, tentunya pasti ada terbesit keinginan untuk melakukan mudik dengan biaya terjangkau namun tetap nyaman selama perjalanan.

Hal ini sifatnya opsional, sebab bagi mahasiswa yang memiliki uang banyak mungkin tidak menjadi beban yang besar. Namun, bagi mahasiswa dengan uang pas-pasan pasti mudik memerlukan beberapa pertimbangan termasuk dana yang dikeluarkan selama perjalanan agar dapat menghemat.

Berikut empat tips mudik hemat untuk mahasiswa rantau agar kantong tetap friendly:

  1. Memilih Alternatif Transportasi yang Ekonomis

Banyak pilihan jenis transportasi umum yang bisa dipilih untuk menjadi sarana mudik menjelang hari raya. Mulai dari pesawat terbang, kereta api, bus, trevel agen, atau bahkan kapal laut.

Nah, agar bisa lebih menghemat biaya transportasi, kamu dapat memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengecek harga tiket mulai dari yang lebih murah.

  1. Mudik Gratis

Menjadi mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua kita harus bisa memanfaatkan peluang dan cerdik. Biasanya di sepanjang bulan Ramadan banyak instansi yang menawarkan program mudik gratis bersyarat.

Maka dari itu, kamu bisa mencarinya di sosial media dan mencoba mengikuti program mudik gratis tersebut agar bisa menghemat biaya transportasi.

  1. Membeli Tiket Jauh-Jauh Hari

Membeli tiket mudik dari jauh-jauh hari merupakan hal yang penting. Pasalnya, kerap kali harga tiket transportasi umum melonjak drastis bahkan dua kali lipat dari harga aslinya saat menjelang hari raya.

  1. Pulang Bersama Teman

Carilah teman yang satu domisili denganmu, dan pastikan dia memiliki kendaraan pribadi. Kamu bisa ikut pulang bersama temanmu sehingga bisa menghemat biaya transportasi dengan patungan.

Perlu dicatat ya, meskipun kita menumpang tapi harus paham situasi dan punya kesadaran diri. Namun, menggunakan kendaraan roda dua tidak direkomendasikan untuk perjalanan yang jauh. Hal itu juga demi keselamatan saat berkendara.

Itulah empat tips mudik hemat ala mahasiswa rantau yang bisa membuat kantong friendly. Semoga bermanfaat dan untuk kamu semua yang ingin melaksanakan perjalan mudik harap berhati-hati.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments