Candi Cangkuang, Candi Hindu di Tengah Danau 

JURNALPOSMEDIA- Mendengar nama daerah Garut, hal apa yang akan langsung terbesit di benak kamu? Dodol garut? Domba garut? Atau Garut Swiss Van Java? Yup, banyak sekali julukan dan keistimewaan dari Kota Intan ini. Mulai dari makanan hingga pesona alamnya yang asri dan sejuk dengan berhias gunung-gunung indah nan menjulang tinggi. 

Garut memiliki ragam macam tempat wisata yang tak kalah keren, lho! Seperti kolam renang air panas Darajat Pass, Kebun Mawar Situhapa, Karacak Valley dan masih banyak lagi. Tapi, kamu tau gak kalau Kabupaten Garut juga punya candi?  Namanya adalah Candi Cangkuang yang berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di dalamnya terdapat patung Siwa Hindu. Uniknya, lokasi candi ini berada di tengah-tengah situ atau danau Cangkuang.

Untuk sampai ke candi, terlebih dahulu kamu harus menaiki rakit yang disediakan. Selain candi, objek wisata ini juga merupakan makam Embah Dalem Arief Muhammad dan Kampung Pulo.

Candi Cangkuang berdekatan dengan sejarah penyebaran Islam. Terdapat pemukiman adat Kampung Pulo, yang juga menjadi bagian dari kawasan cagar budaya. Letaknya berada di wilayah candi Cangkuang, tepat sebelum pintu masuk candi tersebut. Kampung Pulo disebut sebagai penyebar agama Islam pertama di wilayah Cangkuang dan Garut, serta Eyang Embah Dalem Arief Muhammad yang turut andil mendirikan peradaban di sekitarnya.

Tiket Wisata Candi Cangkuang

Dilansir dari detiktravel.com untuk dapat masuk dan menikmati wisata yang kaya akan nilai sejarah ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 (dewasa), Rp3.000 (anak), ditambah jasa menggunakan rakit Rp5.000. objek wisata ini buka dari jam 08.00-16.00 WIB. 

Museum Situs Cangkuang

Museum Situs Cangkuang masih berlokasi di wilayah yang sama dengan Candi Cangkuang. Museum sederhana ini menyimpan dan menjaga berbagai warisan budaya dan beberapa peninggalan dari penyebaran agama Islam di Cangkuang, seperti kitab-kitab dengan tulisan tangan dalam relief. Terdapat pula kitab Al-qur’an dan catatan khutbah Jum’at berlapis kulit kayu.

Fasilitas Candi Cangkuang

Sarana parkir yang cukup luas sudah tersedia untuk wisatawan. Di kawasan candi banyak pedagang dan warung/kios tempat bermacam-macam souvenir dijual. Jika penat berjalan-jalan, berbagai makanan khas Sunda bisa kamu nikmat di sini. Dilengkapi juga dengan toilet dan mushola. 

Akses Lokasi Menuju Candi Cangkuang

Jika menggunakan transportasi umum, kamu dapat menuju Candi Cangkuang menggunakan bus dengan jurusan Garut jika dari Bandung atau Jakarta dan berhenti di alun-alun Kecamatan Leles. 

Dari alun-alun Kecamatan Leles, kamu dapat menggunakan jasa andong atau ojek untuk menuju danau dan Candi Cangkuang. Letaknya yang tidak tersembuny akan memudahkan kamu untuk menemukannya. 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.