Mon, 17 June 2024

UIN Bandung Siapkan Empat Jalur Ujian PMB Mandiri 2023

Reporter: Layla Cinta Aldenia/Magang | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 839 kali

Mon, 5 June 2023
Ilustrasi by Layla Cinta Aldenia/Magang

JURNALPOSMEDIA.COM – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri UIN Bandung resmi dibuka pada tanggal 5 Juni – 5 Juli 2023. Pendaftaran ini dibuka selama satu bulan penuh, dengan pelaksanaan yang dimulai pada 10-26 Juli 2023.

Ujian PMB Mandiri UIN menjadi salah satu ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak diminati. Selain karena memiliki lebih dari dua jalur, Ujian PMB Mandiri 2023 UIN Bandung ternyata sudah bebas uang pangkal.

Menurut salah satu peserta Ujian PMB Mandiri, proses pendaftaran dan pemberkasannya  tidak begitu sulit.

“Lupa apa aja waktu itu, tapi ini enggak terlalu ribet,” ujar R saat diwawancarai Jurnalposmedia melalui WhatsApp, Sabtu (3/6/2023).

Alur Pendaftaran PMB Jalur Mandiri

Para peserta diharuskan untuk melakukan beberapa proses yang tertera pada laman web damba.uinsgd.ac.id di bagian daftar baru. Peserta dapat membayar melalui kode pembayaran yang akan dikirim melalui E-Mail setelah mengisi pendaftaran awal dan memilih tipe ujian.

Setelah memilih tipe ujian dan melakukan pembayaran, maka peserta harus log-in kembali dengan akun E-Mail dan kata sandi yang sudah didaftarkan. Sebelum mencetak kartu ujian PMB Mandiri, peserta harus melengkapi data dan memilih Program Studi.

Selain jalur Computer Based Test (CBT), Ujian PMB Mandiri  tahun ini pun memiliki tiga jalur lainnya, yakni jalur Tahfidz, Prestasi, dan Undangan MAN Insan Cendekia atau lulusan terbaik. Setiap jalur memiliki persyaratan yang diperlukan serta materi ujian yang berbeda.

Enam Materi Jalur Computer Based Test (CBT)

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Pengetahuan Agama (Alquran dan Hadits, Fiqh dan Ushul Fiqh, Aqidah Akhlak)
  3. Bahasa (Arab & Inggris)
  4. IPA Terpadu (Pilihan Kategori IPA/Sains) dan IPS Terpadu (Pilihan Kategori IPS/Sosial Humaniora)
  5. Baca Tulis Alquran (BTQ)
  6. Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama

Pada jalur Tahfidz, peserta memerlukan sertifikat Tahfidz Alquran dengan minimal hafalan lima juz Mutqin yang meliputi tajwid, tilawah, fashahah, hafalan, dan irama. Selain  itu, wawasan kebangsaan dan moderasi beragama juga menjadi materi ujian dari jalur Tahfidz.

Hal tersebut berbeda dengan jalur prestasi yang memerlukan bukti sertifikat prestasi (minimal tingkat kabupaten/kota) dan nilai praktik (sesuai sertifikat). Kemudian untuk jalur undangan dan jalur CBT, peserta hanya memerlukan Surat Keterangan dari Kepala Madrasah.

Adapun untuk dokumen atau berkas yang diperlukan dalam mengikuti ujian ini sudah diinformasikan di web resmi PMB UIN. Selain itu, peseta Ujian PMB Mandiri UIN pun mengandalkan informasi dari Instagram dan YouTube.

Ngandelin YouTube, ada kok di spill,” ungkap salah satu peserta Ujian PMB Mandiri UIN 2022.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments