Tue, 16 April 2024

Simak 8 Tips Penting Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa

Reporter: Akhmad Arifin | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 331 kali

Thu, 23 March 2023
Sumber Foto: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Memasuki Bulan Ramadan, setiap umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dari waktu fajar sampai matahari terbenam. Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan hal yang kerap dialami ketika berpuasa.

Dilansir dari Kementrian Kesehatan RI, dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh lebih banyak kehilangan cairan daripada yang diterima. Kondisi tersebut dapat memicu rasa lemas dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Menjaga hidrasi tubuh merupakan hal yang harus diperhatikan selama berpuasa.

Berikut adalah beberapa tips menghindari dehidrasi saat berpuasa:

1. Minum air secukupnya saat sahur dan berbuka

Minumlah air secukupnya selama sahur dan berbuka untuk menjaga hidrasi tubuh. Namun, hindari meminum banyak air dalam satu waktu, hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan terasa penuh.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung air

Makanan dan minuman yang mengandung air seperti buah-buahan, sayuran, dan jus buah sangat baik untuk menjaga cairan tubuh saat berpuasa. Selain itu, konsumsi sup atau kaldu juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi.

3. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi

Minuman seperti teh, kopi, dan minuman berkarbonasi sebaiknya dihindari selama bulan puasa. Minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi karena memiliki efek diuretik dan bisa memicu produksi urine lebih banyak dari biasanya.

4. Hindari makanan yang mengandung garam dan micin

Makanan yang mengandung garam dan micin atau secara ilmiah disebut monosodium glutamate (MSG) dapat menyebabkan tubuh kehilangan air dan menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang terlalu asin atau mengandung banyak MSG.

5. Istirahat yang cukup

Kurangnya tidur dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi dan dehidrasi. Pastikan Anda tidur cukup dan jangan menambah beban tubuh dengan kegiatan yang berlebihan.

6. Jangan terlalu banyak beraktivitas fisik

Terlalu banyak beraktivitas fisik saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh kehilangan air dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya, kurangi aktivitas fisik dan hindari melakukan kegiatan yang terlalu berat selama bulan puasa.

7. Konsumsi makanan yang mengandung elektrolit

Makanan yang mengandung elektrolit seperti pisang, labu, dan kacang-kacangan sangat baik untuk membantu mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.

8. Berbuka dengan makanan ringan terlebih dahulu

Saat berbuka, sebaiknya mulailah dengan makanan ringan seperti kurma atau buah-buahan untuk membantu mengembalikan kadar gula darah yang turun selama puasa. Setelah itu, konsumsi makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauk.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat selama bulan puasa. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments