Thu, 23 May 2024

Pungutan Liar di UIN Bandung, Mahasiswa Resah

Reporter: Monica Deasyderia | Redaktur: Zaira Farah Diba | Dibaca 162 kali

Wed, 28 September 2016
Salah seorang mahasiswa melewati parkiran motor diantara masjid Ikomah dan Aula Abdjan Soelaiman, Rabu(28/09/2015).(Jurnalpos/ Pandu Muslim).
Salah seorang mahasiswa melewati parkiran motor diantara masjid Ikomah dan Aula Abdjan Soelaiman, Rabu(28/09/2015).(Jurnalpos/ Pandu Muslim).

Jurnalposmedia.com—Memasuki ajaran baru di semester ganjil, area parkir di UIN Bandung  semakin padat dan semrawut. Belum lagi, ada beberapa mahasiswa yang diresahkan dengan adanya pungutan liar (Pungli). Berdasarakan hal tersebut, Jurnalpos mendatangi staf layanan umum Al-Jamiah, Dedi Kadurusman untuk mengkonfirmasi mengenani pungli yang terjadi.

 “Secara person saya memang melihat, karena kebetulan saya penanggung jawab di lapangan. Tapi kalau untuk teknis itu dipinta ataupun hanya sukarela saya sendiri tidak tahu,” jelas Dedi, Rabu (28/09/2016).

Menurut Dedi hal ini dirasa wajar dengan catatan tidak ada suatu bentuk lisan yang dikeluarkan sang juru parkir. “Saya kira kalau melihat sisi layak atau tidak, kalau menurut saya sendiri memang harusnya tidak ada. Tapi asumsi saya kalau emang sebatas keikhlasan ya kenapa tidak?” tambah Dedi.

Sedanngkan mahasiswa Administrasi Negara, Hilman Fatoni Hidayatullah mengungkapkan ketidaknyamanan dengan adanya tarif parkir yang diterapkan. “Ini merupakan pemungutan yang tidak sesuai. Kalau memang ada pungutan dari pihak kampus pasti diwajibkan buat bayar, kalau ini kan tidak. Berarti kan ada modus nya,” ujar Hilman.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala Chief Security UIN Bandung, Dian Purwaganda angkat bicara, menurutnya untuk masalah pemungutan retribusi parkir harusnya tidak ada, “Hanya sebatas kebijakan dari mahasiswa dan telah ada sosialisasi sebelumnya dengan pihak UIN. Karena selain sebagai satpam, kita juga sebagai juru parkir disini,” tegas Dian, kepada Jurnalpos.

Dian menambahkan jika ada unsur pemaksaan atas juru parkir, mahasiswa atau pengguna lahan parkir bisa melaporkannya kepada Chief Security UIN Bandung,

 “Catat nama anggotanya, nanti kita kasih arahan. Ya intinya kita ingin ada kerjasama dari mahasiswa sendiri, pihak UIN juga mungkin sudah berusaha lah dengan keterbatasan area,” tambah Dian.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments