Sat, 24 February 2024

5 Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik dalam Bidang Penulisan

Reporter: Putri Dinda | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 266 kali

Thu, 7 July 2022
Penulis
Sumber foto: Freepik

JURNALPOSMEDIA.COM – Jurusan Jurnalistik merupakan program studi yang mempelajari bagaimana cara berkomunikasi, memproduksi berita, hingga mengolah suatu tulisan yang bersifat informatif. Seiring berkembangnya era digital, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas, tidak melulu menjadi seorang wartawan atau jurnalis.

Hal tersebut tentu harus dibarengi dengan pemahaman, wawasan, dan kemampuan yang didapat selama proses pembelajaran ketika kuliah. Dalam bidang penulisan sendiri, ada beberapa pekerjaan yang dapat menjadi pilihan untuk berkarier, berikut di antaranya:

1. Copywriter

Dengan kemampuan menulis dan tata bahasa yang dimiliki lulusan jurusan Jurnalistik, tentu pekerjaan sebagai copywriter dapat jadi pilihan. Pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk menulis sebuah konten yang kreatif dan menarik dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan produk atau jasa.

Di era digital saat ini, peran seorang copywriter sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan. Selain untuk menarik konsumen, seorang copywriter juga memiliki peran untuk menciptakan citra perusahaan atau brand tertentu.

2. Content Writer

Meskipun content writer dan copywriter memerlukan keahlian yang sama yaitu menulis, namun keduanya berbeda. Dari segi panjang tulisan, content writer umumnya harus membuat konten dengan jumlah kata yang lebih banyak dibandingkan konten copywriter.

Selain menulis, pekerjaan ini juga akan mengoptimalkan penggunaan keyword pada artikel agar muncul di urutan pertama pencarian Google. Pekerjaan menjadi content writer saat ini semakin diminati dengan adanya media online yang terus berkembang.

3. Editor

Selanjutnya, lulusan jurusan Jurnalistik dapat menjadi seorang editor atau penyunting tulisan. Seorang editor akan bertanggung jawab dalam menyusun, melakukan perbaikan, dan menerbitkan sebuah tulisan atau naskah.

Tidak hanya dalam bidang penulisan di media massa, tapi juga dalam film, fotografi, dan lainnya diperlukan peran seorang editor.

4. Screenwriter

Screenwriter atau penulis skenario adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam penulisan naskah untuk suatu film, mulai dari jalan cerita, penokohan, dialog, dan monolog.

Selain itu, screenwriter juga berperan dalam menciptakan konflik serta karakteristik tokoh yang akan berperan dalam pembuatan film. Maka tidak heran jika lulusan jurusan Jurnalistik juga dapat memilih pekerjaan ini dengan kemampuan menulis yang dimilikinya.

5. Blogger

Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi istilah blogger, yaitu seseorang yang melakukan aktivitas menulis melalui situs web bernama blog. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang ingin membagikan pandangan atau pendapat tentang sesuatu hal dalam bentuk tulisan.

Itulah beberapa prospek kerja untuk jurusan Jurnalistik di bidang penulisan. Terlepas dari apapun program studinya, karier seseorang tergantung pada kecakapannya dalam beradaptasi dan mengembangkan diri, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments