Fri, 23 February 2024

Pentingnya Seimbangkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik, Berikut 3 Caranya untuk Mahasiswa

Reporter: Siti Suaidah | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 858 kali

Thu, 18 August 2022
Sumber: Pexels

Kita sebagai mahasiswa tentunya sering kali mendengar kata prestasi. Banyak mahasiswa yang sangat ambisius untuk meraihnya. Namun, tidak jarang juga mahasiswa yang tidak peduli akan prestasi. Prestasi tidak hanya bisa kita dapatkan melalui kegiatan akademik saja, akan tetapi non-akademik juga.

Dalam perkuliahan, kita bisa mendapatkan prestasi akademik dengan mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga mendapatkan nilai yang tinggi. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi merupakan salah satu prestasi akademik.

Sedangkan untuk prestasi non-akademik, kita bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Jurusan (UKJ), Organisasi mahasiswa (Ormawa), dan lain sebagainya sebagai wadah pengembangan diri.

Prestasi non-akademik yang didapatkan pada kegiatan-kegiatan tersebut tidak kalah penting untuk kita sebagai mahasiswa. Kita dapat menggunakan prestasi non-akademik ketika mendaftar kuliah, beasiswa baik dalam maupun luar negeri, serta melamar kerja.

Dalam menjalankan kegiatan akademik dan non-akademik sekaligus, tentu saja akan mempengaruhi kesibukan dan kesehatan kita. Banyak juga dari mahasiswa yang terlalu sibuk dengan kegiatannya sehingga mengalami stres bahkan depresi.

Nah, berikut cara menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik:

  1. Manajemen Waktu dengan Baik

Hal yang paling penting untuk menyeimbangan prestasi akademik dan non-akademik yakni kita harus bisa manajemen waktu dengan baik. Jika mahasiswa bisa mengatur waktunya dengan baik, maka kendala untuk mendapatkan prestasi pun akan terkurangi.

  1. Belajar dengan Efektif dan Efisien

Mahasiswa sebagai pelajar perlu menguasai pembelajaran tanpa menghabiskan waktu berlarut-larut. Maka dari itu sebaiknya kita perlu memaksimalkan waktu belajar bersama dosen di kelas.

3.Tahu Prioritas Diri

Dalam mengatur waktu yang baik, kita juga perlu tahu prioritas diri sendiri. Kita harus memilih mana yang harus diproritaskan terlebih dahulu dan lebih baik bagi diri kita.

Nah, tiga cara tadi akan sangat membantu untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan non-akademik. Jika kamu berhasil menjalankan 3 cara tersebut maka kamu akan menikmati proses dalam mencapai prestasi yang ada tanpa banyak masalah. Namun hal yang perlu dicatat, kita harus tetap bisa menjaga dan merawat diri kita supaya tidak sakit, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments