Sun, 21 July 2024

Kelurahan di Jakarta Melaksanakan Program Vaksinasi Hingga 30 Juni 2021

Reporter: Hanisa Sutoyo/Magang | Redaktur: Suryadi | Dibaca 171 kali

Thu, 24 June 2021
Vaksinasi
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (22/6/2021).

JURNALPOSMEDIA.COM – Pemerintah DKI Jakarta melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melaksanakan program vaksinasi yang dimulai sejak 14 Juni hingga 30 Juni 2021. Salah satunya di Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tegal Alur dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kader Kelurahan Tegal Alur, Wulan mengatakan, kondisi tempat yang sempit dan peserta yang divaksinasi banyak menyebabkan penerapan jaga jarak kurang maksimal.

“Tapi kita masih tetap menjalani prokes dan tidak ada yang mengobrol. Maksimal dalam ruangan dua puluh orang (untuk) menunggu kartu vaksin, pada waktu suntik cuma dua orang saja,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi berlangsung selama lima hari dalam satu minggu, dengan jam operasional pukul 08.00–13.00 WIB.

Dalam satu hari, target warga yang divaksin sebanyak 500 orang. Kegiatan vaksinasi diperuntukan bagi lansia dan warga berusia 18 tahun ke atas. Jenis vaksin yang digunakan yakni Astrazeneca.

Sistem pelaksanaan vaksinasi dimulai dari pengambilan nomor antrean hingga penyuntikan. Peserta yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak akan dilayani oleh petugas.

“Dimulai dari pengambilan nomer antrean lalu penyerahan data fotokopi KTP dan KK, skrining (tensi darah), penyuntikan. Setelah itu, pengambilan sertifikat vaksin dan selesai,” tuturnya.

Salah satu peserta vaksinasi, Tarni mengaku tidak merasakan gejala yang serius, hanya merasa pegal di bagian yang telah disuntik.

Ia menambahkan, antusias warga Kelurahan Tegal Alur cukup besar. Meskipun, sebelumnya banyak warga yang takut untuk divaksinasi.

Alhamdulillah banyak yang mendukung juga sih, sekarang banyak yang mau, tadinya masih pada takut,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments