Sun, 21 July 2024

UIN Taekwondo Championship V: Jumlah Peserta Meningkat Setiap Tahunnya

Reporter: Siti Suaidah dan Dede Nulhakim | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 383 kali

Mon, 13 November 2023
Peserta Taekwondo Championship V tengah melakukan pertandingan. (Sumber Foto: Siti Suaidah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UIN Bandung kembali menggelar turnamen Taekwondo UIN Championship 5 di Aula Anwar Musaddad, Kampus 1 UIN Bandung. Turnamen ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10-12 November 2023, yang mana dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Bandung dengan simbolisasi pemukulan gong.

UIN Taekwondo Championship 5 melibatkan lima provinsi, diantara-nya provi nsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten yang berada di bawah naungan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI).

Turnamen tahun ini diikuti oleh 131 unit dari 19 pengurus cabang (pengcab) yang jumlah totalnya 2.229 peserta. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Championship tahun ini sama seperti sebelumnya, yaitu pertandingan poomsae (jurus) dan kyorugi (tarung) untuk kelas pemula dan prestasi hingga lomba video serta foto persiapan pesera yang diunggah pada akun media sosial @uinchampionship2023.

Berdasarkan data Jurnalposmedia dari tahun-tahun sebelumnya, peserta UIN Taekwondo Championship V memiliki peningkatan. Pada Championship III yang mulanya sebanyak 1.200 peserta meningkat menjadi 1.890 hingga 2.229 peserta.

Adapun beberapa tamu kehormatan yang hadir pada saat acara berlangsung diantara-nya ialah Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Jawa Barat, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung, Pengurus TI cabang Kota Bandung, Rektor UIN Bandung, Rosihon Anwar serta Wakil Rektor III, Chusnul Qodim juga turut hadir dalam event tersebut.

Ketua Pelaksana, Bilal Awaludin mengatakan acara yang telah diselenggarakan ini berjalan mulus sesuai rencana dan tidak ada kendala yang signifikan.

“Sejauh ini alhamdulillah berjalan dengan lancar, sampe hari ketiga menuju closing ini berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Bilal saat diwawancara oleh Jurnalposmedia, Minggu (12/11/23).

Namun terlepas dari itu, UIN Bandung masih belum bisa menampung ribuan pengunjung yang datang ke kampus dikarenakan lahan parkir yang terbatas. Bagi Bilal, hal ini menjadi salah satu kendala yang di hadapi event Kejuaraan ini.

“Paling kendalanya di lahan parkiran yang terbatas ya, itu  menjadi kendala buat kejuaraan ini. Karna memang apalagi dari hari Jumat kita berbaur dengan perkuliahan mahasiswa. Jadi untuk parkirnya agak sulit sedikit tersendat,” imbuh Bilal.

Lebih lanjut Bilal berharap untuk UIN Taekwondo Championship VI bisa terlaksana tanpa ada kendala apa pun. Selain itu ia menyinggung pihak UIN Bandung untuk dapat memperbaiki sarana dan prasarana yang ada.

“Harapan saya sih tetap berjalan dengan lancar, UIN Taekwondo Championship 6 terlaksana tanpa ada kendala juga, kemudian harapannya lebih diperhatikan juga dari segi sarana dan prasarana, terutama dari mulai gedung kemudian area parkir juga, kemudian kita tetep harus dapet support dari pihak kampus. Itu aja sih harapannya,” tutur Bilal.

Salah satu pelatih dari peserta yang mendapatkan Juara Umum 1, Sapto Suproto memberikan tanggapannya terhadap antusiasme peserta. Menurut Sapto, antusiasme peserta taekwondo Championship 5 ini sangatlah baik, hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar.

“Untuk antusias peserta, sangat baik banget. Karena pesertanya 2.300 itu sangat banyak sekali dan ini pun banyak peserta yang tidak ikut karena kuotanya penuh, alhamdulillah bisa mengikuti event ini dan bisa mendapatkan juara umum ini, saya bersyukur alhamdulillah” ungkap Sapto.

Selain itu, Sapto menilai bahwa acara UIN Championship 5 ini sudah mencapai kesuksesan yang maksimal.

“Acara ini pun sukses, benerbener sukses, acara ini emang benerbener bagus, dan saya juga berterima kasih kepada UIN Championship,” tambahnya.

Terakhir, Sapto berpesan kepada peserta yang menjadi juara ataupun tidak agar tetap terus berlatih, sehingga bisa menjadi juara di eventevent berikutnya.

“Untuk yang jadi juara, jangan pernah puas, tapi terus berlatih dan berlatih karna perjalanan masih panjang. Bagi yang belum dapet medali atau belum menjadi juara, tetep berlatih karna insyaallah taun depan ada kesempatan untuk menjadi juara, masih banyak eventevent dan kesempatan yang lebih bagus lagi,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments