Thu, 29 February 2024

Pengembangan dan Prestasi Jurusan Ilmu Komunikasi Pada Milad ke-24

Reporter: Irfan Fauji/Lidya Marliana | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 267 kali

Wed, 25 May 2022
Milad
Milad Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung ke-24 digelar di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Selasa (24/5/2022). (Hasemi Fauziah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) UIN Bandung menggelar Milad ke-24 di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dengan mengusung tema “Ilmu Komunikasi Menjelajah Alam Semesta” Selasa (24/5/2022).

Acara ini dihadiri para pengelola, pengurus, pendiri, dosen, Himpunan Mahasiswa (Hima), hingga perwakilan mahasiswa dari jurusan Ilkom, baik Jurnalistik maupun Hubungan Masyarakat (Humas).

Melihat situasi sekarang, Pendiri Jurusan Ilkom, Asep Saeful Muhtadi mengatakan, Ilkom sudah mencapai usia matang untuk melakukan pembaharuan termasuk menjadi fakultas.

“Berbicara tentang perkembangan ilmu, harus bebas, harus mandiri. Jadi, oleh karena itu secara institusional maka ilmu komunikasi itu harus jadi fakultas supaya memiliki kebebasan kewenangan untuk mengembangkan ilmu,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Jurusan Ilkom UIN Bandung, Darajat Wibawa menyebutkan, pada Milad ke-24, Ilkom sudah menunjukkan prestasi yang meningkat.

“Pada prinsipnya ‘kan salah satu tolak ukur kita keberhasilan di situ, salah satunya adalah akreditasi ‘kan. Akreditasi ini kita baru memperoleh di tahun 2019, nah tahun 2019 itu akreditasinya A, sebelumnya B terus,” ungkap Darajat.

Menyoal prestasi, kata Darajat, hal tersebut harus didukung dengan upaya mahasiswa Ilkom itu sendiri. Menurutnya, mahasiswa berperan penting dalam menentukan akreditasi jurusan.

“Kita misalnya sebagai pengelola yang berupaya, sementara objeknya mahasiswa tidak berupaya juga tetap tidak akan menghasilkan apa-apa karena di akreditasi itu ‘kan poin yang paling besar, tinggi nilainya adalah tingkat mahasiswa, kalau mahasiswanya kegiatannya tidak berkaitan dengan akreditasi bakalan anjlok,” jelasnya.

Harapan Hima Jurusan Ilmu Komunikasi

Senada dengan Darajat, Ketua Hima Humas, Arif Syaefulloh menilai, prestasi Ilkom itu tergantung mahasiswanya. Sebab, banyak tempat untuk mahasiswa mengembangkan diri dan meningkatkan kapabilitas sehingga bisa berprestasi.

“Untuk segi prestasi, mungkin itu tergantung dari mahasiswanya. Jika mahasiswanya ingin mencari prestasi, bisa dikembangkan di ilmu komunikasi sendiri karena masih banyak wadah yang memang memerlukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi,” ujarnya.

Arif juga berharap, Ilkom dapat menjadi fakultas baru nantinya.

“Sesuai dengan tadi yang dibicarakan guru besar di depan, sudah saatnya kita menjadi terpisah di dakwah dengan adanya fakultas baru dan itu harapan saya juga sih,” ungkapnya.

Mengenai Milad Ilkom ke-24, Ketua Umum Hima Jurnalistik, Rizki Muhamad Nasrullah juga berharap, jurusan Ilkom dapat meningkatkan kapabilitas mahasiswa dan lebih relevan untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

“Saya harap jurusan Komunikasi bisa lebih relevan dengan jenjang pekerjaan. berikutnya. Juga mungkin sama, semoga bisa berdikari mewujudkan Fakultas Ilmu Komunikasi,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments