Menumbuhkan Minat dan Motivasi Wirausaha

JURNALPOSMEDIA.COM – Bagi kalangan mahasiswa, menempuh pendidikan setinggi-tingginya dapat meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Pun akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan tunjangan di hari tua tentunya.

Pernah tidak terpikirkan bahwa semakin banyak orang terdidik, bisa saja menambah angka pengangguran?

Namun pada kenyataannya, apalagi di masa pandemi yang belum usai. Bekerja saja belum bentu bisa menentukan kesuksesan. Apalagi pengangguran di Indonesia yang masih belum teratasi dengan baik.

Kontribusi wirausaha berperan penting terhadap pembangunan negara. Selain memiliki penghasilan tambahan atau menjadi sumber pendapatan, wirausaha juga dapat mengurangi pengangguran dengan terciptanya lapangan pekerjaan.

Bagi kalangan mahasiswa, tentunya tidak mudah untuk berwirausaha. Tantangan terbesar seperti bagaimana cara membangun bisnis mulai dari bawah, tidak punya modal, belum lagi cara mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya itu sendiri. Mungkin akan terasa lebih berat dan mengerikan.

Dibalik itu semua, hal ini bisa dijadikan momentum bagaimana seorang wirausaha dapat berkembang. Semangat dan tekad adalah kuncinya. Walaupun banyak modal, tanpa adanya semangat dan tekad akan terasa seperti sayur tanpa garam.

Perlu adanya dorongan dan motivasi minat dalam berwirausaha, seperti faktor lingkungan, keluarga, dan juga teman. Dengan hal itu, ide-ide wirausaha akan bermunculan. Serta lambat laun akan mengubah pola pikir dalam mencapai kesuksesan dengan berwirausaha.

Memiliki budaya menjadi pemimpin bisa ditanamkan agar terciptanya kemandirian. Berkembangnya wirausaha di Indonesia dilihat dari mutu dan jumlah wirausaha yang inovatif juga tentunya.

Upaya mewujudkan kemandirian dan peningkatan ekonomi nasional dapat melalui pengembangan, pemantapan sikap, perilaku, dan kemampuan serta minat berwirausaha.

Menilik upaya tersebut, wirausaha-wirausaha akan menjadi penggerak, pemicu pertumbuhan, dan perkuatan ekonomi nasional.

Upaya ini perlu didukung oleh semua kalangan. Baik unsur pemerintah, masyarakat termasuk mahasiswa, dan dunia usaha. Melalui dukungan terarah dan berkesinambungan inilah akan memperkuat minat serta motivasi para  wirausaha yang ada di Indonesia.

Penulis merupakan Kepala Bidang Wirausaha Hima Jurnalistik UIN Bandung periode 2020-2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.