Meriahnya Festival Asia Afrika 2019

JURNALPOSMEDIA.COM Dalam rangka memperingati Konferensi Asia Afrika ke-64, Asia African Festival kembali digelar. Asia African Festival ini dihelat selama dua hari, Sabtu (29/6/2019) hingga Minggu (30/6/2019) di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Kemeriahan festival semakin terlihat saat peserta pawai menampilkan kesenian dari daerah masing-masing di Jawa Barat. Beberapa di antaranya yaitu seni benjang, sisingaan dan ki lengser.

Penampilan kesenian maupun kebudayaan dari Jepang dan Korea serta beberapa negara Asia Afrika lainnya pun menambah kemeriahan festival ini. Para delegasi negara Asia Afrika pun membawa bendera negara masing-masing sambil berpawai. Komunitas sepeda ontel pun turut meramaikan festival ini.

Beberapa pihak dari jajaran Pemerintah Kota Bandung pun menghadiri acara tahunan ini. Mereka di antaranya Walikota Bandung Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, serta dari jajaran Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung.

Pawai kesenian sendiri berlangsung selama dua jam. Jalan Asia Afrika mulai perempatan Tamblong hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) Asia Afrika pun ditutup selama berlangsungnya pawai ini. Masyarakat sangat antusias menyaksikan pawai kesenian ini. Mereka memenuhi trotoar sepanjang Jalan Asia Afrika.

Tak hanya warga maupun wisatawan lokal, turis mancanegara turut menikmati Asia African Festival ini. Masyarakat yang hadir pun dibatasi pagar sepanjang kawasan tersebut sehingga hanya bisa menyaksikannya dari trotoar.

Salah satu yang menarik masyarakat dan wisatawan yaitu kehadiran replika burung garuda dalam pawai tersebut. Replika burung garuda berukuran kurang lebih 3 X 6 meter tersebut memukau masyarakat yang hadir. Apalagi saat orang yang menaiki replika tersebut menari di atasnya. Sontak aksi tersebut membuat penonton bertepul tangan dan berteriak kagum.

Replika burung garuda pada acara Festival Asia Afrika 2019 (Muhammad Fauzan P/ Jurnalposmedia)

“Sebagai semangat (konferensi) Asia Afrika. Bukan hanya ajang silaturahmi, tapi juga bisa menghadirkan seni budaya Indonesia bahkan internasional. Ini juga sebagai wujud semangat juga solidaritas untuk Palestina. Semoga mereka (Palestina) bisa merdeka sama seperti kita,” ujar Walikota Bandung Oded Muhammad Danial saat diwawancari awak media selepas pawai kesenian dan budaya pada Asia African Festival, Sabtu (29/6/2019) siang.

Ia juga menuturkan delegasi yang hadir dari negara Asia Afrika pada tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun ini hampir dihadiri semua negara (Asia Afrika), lebih banyak dari tahun kemarin,” tutupnya

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.