Kata-Kata Motivasi R.A Kartini yang Menginspirasi

JURNALPOSMEDIA.COM – Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau kerap dikenal dengan sebutan R.A Kartini, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang terkenal atas idenya dalam mencetuskan emansipasi perempuan di Indonesia.

Bagaimana sih perjuangan R.A Kartini dalam menjunjung tinggi nilai-nilai emansipasinya? Berawal dari perjuangannya melawan aturan adat istiadat pribumi yang menganggap kasta perempuan berada di bawah laki-laki. Sehingga kaum perempuan tidak memiliki kebebasan untuk bercita-cita.

Lebih lanjut, Kartini memiliki anggapan yang berbeda. Beliau merasa perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki terutama dalam hal pendidikan. Hal itulah yang membuat Kartini berjuang untuk mengangkat derajat perempuan di Indonesia.

Sosok perempuan tangguh ini lahir pada 21 April 1879 dan berhasil menulis buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Untuk mengenang jasa salah satu pahlawan perempuan hebat Indonesia. Melalui Keputusan Presiden No.108 tahun 1964, secara resmi menetapkan 21 April sebagai Hari Kartini.

Perayaan Hari Kartini di Indonesia tidak pernah terlewatkan. Biasanya diperingati dengan menggunakan pakaian adat masing-masing daerah, sebagai lambang Bhineka Tunggal Ika dan persatuan Indonesia.

Banyak pemikiran Kartini yang menginspirasi kaum perempuan. Untuk memperingati Hari Kartini, berikut kata-kata bijak yang pernah dikemukakan R.A Kartini baik dalam konteks pemikiran, keyakinan, hingga cinta.

Pemikiran

“Kecerdasan otak saja tidak berarti segala-galanya. Harus ada juga kecerdasan lain yang lebih tinggi, yang erat berhubungan dengan orang lain untuk mengantarkan orang ke arah yang ditujunya. Di samping otak, juga hati harus dibimbing, kalau tidak demikian peradaban tinggal permukaannya saja.

Cita-Cita

“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.”

Kebebasan

“Untuk mendapatkan kebebasan dan persamaan bagi dirinya, bukankah harus dimulai dengan memberikan hal itu kepada orang lain?”

Cinta

“Kita harus hidup bersama-sama dan untuk semua manusia. Tujuan hidup kita ialah membuat hidup lebih indah.”

Keyakinan

“Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!

Walau di usia yang tebilang muda, beliau telah banyak memberikan sumbangsih terhadap hak-hak perempuan Indonesia. Perjuangannya di masa lalu telah menghantarkan kaum perempuan menjadi setara dengan laki-laki baik dalam hal pendidikan atau pun ekonomi.

Untuk itu, generasi muda harus melanjutkan perjuangan R.A Kartini dengan selalu berupaya menjaga hal-hak kesetaraan. Jangan sampai penindasan terhadap perempuan terjadi lagi di Indonesia. Selamat Hari Kartini 2021, hidup kartini muda Indonesia!

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.