Sat, 18 May 2024

Ini Dia Logo Baru Instagram!

Reporter: Loisari Khoerunisa | Redaktur: Zaira Farah Diba | Dibaca 849 kali

Tue, 7 June 2016
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

JURNALPOS – Sebelum kita mengulas perubahan dalam logo instagram lebih baik  kita mengetahui terlebih dahulu arti dari instragram, instagram berasal dari kata instan dan gram,instan berarti cepat sesuai lambang instagram yang menggambarkan kamera polaroid dan kegunaan polaroidpun sangat instan. 

Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan dan kata gram berasal dari kata telegram, telegram berfungsi untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain dengan cepat pada massanya,sama halnya dengan fungsi instagram meyampaikan pesan melalu foto atau video dengan akses yang mudah dan cepat.

Logo dalam sebuah aplikasi melambangkan kegunaannya maka dari itu sangatlah penting untuk sebuah aplikasi menggunakan logo semenarik mungkin.setidaknya dengan melihat logo kita sedikit mengetahui maksud dari  kegunaannya.

Logo instagram pada awal berdirinya mempunyai ciri yang sangat has yakni menyerupai kamera polaroid lengkap dengan lensa dan  viewfindernya.dengan tampilan yang lebih bermain dengan warna.

Namun instagram tiba-tiba melakukan perubahan bukan dari fiturnya namun dari logonya yang ikonik itu aplikasi ini meninggalkan logo bergambar kamera dengan nuansa Polaroid  dengan kamera berwarna campuran ungu, jingga, dan pink yang memberikan efek pelangi.

Kepala Bagian Design Instagram, Ian Spalter mengungkapkan bahwa perubahan dalam logo instagram dimaksudkan supaya aplikasinya tampil lebih modern dan relevan di era ini karna kebanyakan orang sekarang mengabadikan moment dengan menggunakan smartphone.

 Maka logo dalam instagram di sederhanakan, elemen di bagian pojok atas tak lagi berupa jendela bidik kamera melainkan hanya titik kecil berwarna putih Dipadukan dengan lingkaran lensa, titik putih dan lingkaran di tengah ini mengingatkan pada kamera dan sensor cahaya di smartphone modern, ketimbang lensa dan viewfinder Polaroid jadul.


Dengan begitu, logo baru Instagram seolah melambangkan peralihan proses fotografi dari era kamera di masa terdahulu ke era smartphone.

Sebuah perubahan yang besar akan menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat apalagi instagram adalah sebuah aplikasi yang setiap detiknya diklik dalam smartphone dan sampai saat ini  penggunanya mencapai 400 juta lebih di seluruh dunia.

Memang yang berubah hanya sebuah logo namun tetap saja akan menimbulkan kontrovesi bila sebuah perubahan ada yang merasa tidak puas, banyak masyarakat yang mengkritik tentang perubahan tersebut di media sosial maupun mulut antar mulut tapi kenyataannya mereka masih menggunakan aplikasi tersebut mesikpun dalam tampilannya sudah berubah.

 

Namun ada baiknya jika kita hanya berfikir postif karna kita hanya seorang penikmat dan pengguna saja kita tak tau proses dalam perubahan itu seperti apa.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments