Sat, 24 February 2024

Kuliah Ditanggung Kemenag RI, Beasiswa Ini Bisa Kamu Jajal

Reporter: Putri Dinda | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 242 kali

Thu, 11 August 2022
Sumber: Pavaedu.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Bagi sebagian orang, kuliah menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Faktor ekonomi menjadi salah satu penyebabnya. Namun, sekarang ini sudah banyak lembaga pemerintah atau swasta yang memberikan beasiswa. Beasiswa biasanya diberikan untuk membantu mereka yang memiliki potensi akademik atau non akademik, tapi berasal dari keluarga dengan kategori ekonomi rendah.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengadakan beasiswa yang terbuka luas untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Ada empat jenis beasiswa yang diberikan oleh Kemenag. Lalu, apa saja sih jenis-jenis beasiswanya?

  1. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK)

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa PTKI negeri ataupun swasta dan diprioritaskan untuk mereka yang kesulitan ekonomi. Dilansir dari laman resmi Kemenag, pemegang beasiswa ini akan diberi anggaran sebesar Rp6.600.000 per semester yang mana sudah termasuk biaya hidup dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Wah lumayan banget, ya!

  1. Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an

Seorang penghafal Al-Qur’an seringkali mendapatkan berbagai apresiasi dan beasiswa adalah salah satunya. Lembaga pemerintah seperti Kemenag juga turut memberikan apresiasi ini kepada Hafidz dan Hafidzah. Buat kamu yang memang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 Juz, boleh banget coba daftar beasiswa ini, ya. Untuk benefit dari beasiswa ini, nanti kamu akan mendapatkan stimulan sebesar Rp2.000.000 loh.

  1. Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik

Selain dua di atas, ada juga nih beasiswa khusus untuk membantu mereka yang memang memiliki potensi akademik yang baik. Jadi, buat kamu yang punya potensi akademik baik boleh nih coba buat daftar beasiswa ini. Penerima beasiswa ini nantinya akan diberikan anggaran sebesar Rp2.400.000 per semester.

  1. Beasiswa Santri Berprestasi

Program beasiswa ini merupakan program afirmasi yang dilakukan negara melalui Kemenag dan dikhususkan bagi kalangan santri. Program ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh kesempatan yang luas untuk mencapai gelar sarjana atau magisternya. Ada tiga jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu Beasiswa Program Sarjana, Beasiswa Pendidikan Profesi, dan Beasiswa Program Magister. Oh ya, Beasiswa Santri Berprestasi ini ditanggung penuh loh oleh pihak Kemenag, tapi tentu syarat dan ketentuannya berlaku ya.

Nah, itu tadi beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Kemenag. Dengan kesempatan beasiswa ini, diharapkan kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, ya. Untuk informasi lengkap mengenai beasiswa Kemenag bisa kamu akses di situs https://pendis.go.id/.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments