Fri, 21 June 2024

5 Referensi Tempat Magang Terbaik bagi Mahasiswa Jurnalistik

Reporter: Annisa Azzahra | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 636 kali

Sun, 17 July 2022
(Sumber foto: Pinterest)

JURNALPOSMEDIA.COMMagang atau job training merupakan kegiatan yang dapat mengasah skill serta menambah pengalaman mahasiswa sebelum bekerja. Berikut lima referensi tempat magang terbaik bagi mahasiswa jurnalistik menurut Jurnalposmedia.

Sebelum berangkat ke referensi tempat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai magang, yaitu:

  1. Melakukan riset mendetail pada setiap tempat magang.
  2. Menulis resume dan masukkan setiap kelebihan yang dimiliki.
  3. Pergunakan dan perbarui profil LinkedIn.
  4. Buat portofolio dengan memasukkan pengalaman serta keahlian terbaik. 

Setelah menyiapkan keempat hal tersebut, selanjutnya kamu bisa langsung memilih tempat magang yang sesuai dengan keahlian serta minat kamu berdasarkan referensi di bawah ini.

1. Industri Media

Sebagai jurusan yang bergelut di bidang jurnalisme dan broadcasting, industri media tentu menjadi tujuan utama untuk bekerja. Terdapat banyak sekali lowongan pekerjaan atau magang sebagai reporter, editor, ataupun desainer grafis yang terbuka bagi mahasiswa jurnalistik. Menjadi reporter magang di TV atau di media cetak merupakan hal yang boleh dicoba.

2. Perusahaan Iklan

Bergerak di bidang pemasaran, tentu para perusahaan iklan membutuhkan seseorang yang cakap dalam bidang tersebut. Keahlian menulis mahasiswa Jurnalistik dapat bermanfaat untuk posisi copywriter yang berfokus untuk menarik perhatian konsumen. Biasanya, kemampuan mengedit serta membuat ilustrasi menjadi sebuah nilai plus guna menghasilkan iklan semenarik mungkin.

3. Start Up

Perusahaan berkonsep digital menjadi sasaran magang yang tepat untuk mahasiswa Jurnalistik. Kemampuan mengelola media sosial dan perangkat digital pastinya dimiliki oleh setiap mahasiswa rumpun Ilmu Komunikasi. Lagi-lagi kemampuan menulis mahasiswa Jurnalistik terpakai untuk posisi content writer demi menghasilkan konten yang menarik baik di blog, media sosial, atau website milik start up agar dibaca banyak orang.

4. Instansi Pemerintah

Siapa bilang mahasiswa Jurnalistik tidak bisa terjun ke dunia pemerintahan? Faktanya, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) memberi kesempatan bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya Jurnalistik untuk bergabung ke empat bidang yang berbeda. Di sana, mahasiswa Jurnalistik dapat mengambil peran penting dalam dokumentasi, penyusunan berita, serta analisis media.

5. Organisasi Nasional atau Internasional

Baru-baru ini, Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) membuka lowongan magang dengan beberapa kualifikasi kategori, termasuk bagi mahasiswa yang menggeluti bidang creative arts dan komunikasi yang pastinya dikuasai oleh mahasiswa Jurnalistik. Kegiatan magang berskala internasional dapat menjadi kesempatan emas bagi awal karier kamu.

Itulah lima rekomendasi tempat magang bagi mahasiswa Jurnalistik yang bisa masuk ke dalam list tujuan kamu nantinya. 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments