Sat, 24 February 2024

Jurusan Baru Fakultas Adab dan Humaniora menjadi Tata Kelola Perpustakaan Bersubstansi Keagamaan

Reporter: Siti Suaidah dan Wiwid Rahmadani | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 337 kali

Tue, 23 May 2023
fakultas adab dan humaniora
(Foto: Facebook Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung)

JURNALPOSMEDIA.COM – Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung kini memiliki jurusan baru, yaitu Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII). Wakil Dekan 1 Fakultas Adab dan Humaniora, Dadan Rusmana menyebutkan ada tiga kajian pada Jurusan IPII, di antaranya perpustakaan, kearsipan, serta informasi yang mencakup keagamaan.

Gagasan adanya jurusan baru IPII sudah dimulai pada tahun 2008. Dadan mengatakan telah mengajukan jurusan tersebut kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), namun terhalang karena adanya moratorium hingga 2019. Kemudian, dia menuturkan untuk maju kembali pada tahun 2019 dengan menyesuaikan konsep Kemendikbud.

“Kita mengacu pada kurikulum Kemendikbud dan mencampurkan nilai-nilai ke-UIN-annya. Itu menjadi ciri pembeda dan menjadi keunggulan, terutama dalam konteks tata kelola perpustakaan yang bersubstansi pada keagamaan,” tutur Dadan Rusmana ketika diwawancari Jurnalposmedia, Jumat (5/5/2023).

Dadan menyebutkan salah satu dari tujuan adanya Jurusan IPII yakni mempersiapkan tenaga ahli pada bidang perpustakaan maupun kearsipan terutama dalam konteks pengembangannya baik di Jawa Barat maupun nasional.

“Target yang dicapai ialah bagaimana kita menyiapkan piranti dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Mudah-mudahan nanti akan menghasilkan output alumni dan outcomes secara berkualitas dan profesional serta berkontribusi positif,” ujarnya.

Terkait fasilitas, dia mengatakan pihak fakultas telah menyediakan satu sampai dua kelas tergantung pendaftar untuk jurusan IPII ini. Saat ini sudah ada 33 calon yang lulus pada jurusan IPII melalui SPAN-PTKIN dan sedang menunggu 2 jalur lagi.

“Kemudian kantor jurusannya sudah ada. Pengelolanya ada ketua, sekretaris jurusan, kemudian juga kita sedikit demi sedikit memperbaharui perpustakaan fakultas,” ucapnya.

Salah satu mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Mela Maulina Putri mengungkapkan bahwa Jurusan IPII merupakan sesuatu yang baru dan segar di UIN Bandung.

“Dari yang saya baca, jurusan ini bukan hanya sekedar belajar gimana caranya mengelola buku. Ternyata emang nggak seremeh yang sempat dibayangkan. Perannya justru lebih besar dan bermanfaat, khususnya di dunia perarsipan,” ungkapnya, Jumat (19/5/2023).

Selain itu, dirinya berharap akan banyaknya mahasiswa yang bisa masuk ke Jurusan IPII dan dapat memanfaatkan peran di masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Semoga banyak orang bisa masuk ke jurusan ini dan nantinya jadi sosok yg begitu berperan di bidanganya pada era modern sekarang ini,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments