Mon, 17 June 2024

Ciptakan Silaturahmi Sesama Jurnalis, HMJ Unpad Adakan Studi Banding Bersama Hima Jurnalistik UIN Bandung

Reporter: Tegar Setiadi dan Annisa Azahra N | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 365 kali

Sun, 2 April 2023
Studi Banding HMJ Unpad dengan Hima Jurnalistik UIN Bandung di ruang Moestopo Fikom Unpad. (Sumber Foto: Tegar Setiadi/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA – Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) Universitas Padjajaran (Unpad) mengadakan studi banding bersama Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung pada hari Jumat (31/3/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Moestopo Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad dengan tujuan untuk mengenal dan menjalin silaturahmi satu sama lain antar jurusan Jurnalistik.

Ketua HMJ Unpad, Bilhaq Sakti Syafitri mengatakan studi banding ini memang selalu diadakan satu tahun sekali namun dengan sesama himpunan fakultas di dalamnya saja.

“Sebenarnya, tahun-tahun sebelumnya kami mengadakan studi banding juga tapi dengan sesama fakultas disini saja, itu pun secara online. Lalu kami berpikir kenapa tidak studi banding dengan sesama jurnalistik di mana ada Jurnalistik UIN Bandung yang jaraknya paling dekat dengan kami,” ungkapnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Jumat (31/03/2023).

Meskipun terdapat banyak perbedaan antara dua himpunan ini, HMJ Unpad berhasil mengemas kegiatan studi banding dengan baik. Dimulai dengan kolaborasi MC, pengenalan antar Himpunan, forum diskusi, buka bersama, penampilan seni, serta melakukan sesi foto bersama.

Bilhaq kembali menjelaskan bahwa persiapan studi banding ini terlalu dekat, hal ini terbukti dari pihak penyelenggara yang menghubungi Presma Jurnalistik UIN Bandung satu bulan sebelum pelaksanaan.

Selain itu, Bilhaq mengaku segan kepada Hima Jurnalistik UIN Bandung, karena dipegang oleh Angkatan 2020 yang merupakan kakak tingkat bagi mereka.

“Awalnya segan tapi ternyata setelah bertemu dan berbincang, Jurnalistik UIN Bandung diisi oleh orang-orang yang humble, hangat, dan menyambut dengan baik kepada kita walaupun sedang banyak proker,” jelasnya.

Setelah menerima undangan dari HMJ Unpad, Hima Jurnalistik UIN Bandung pun mempersiapkan pengurus maupun Unit Kegiatan Jurnalistik (UKJ) untuk tampil serta memperkenalkan cara kerja mereka.

Presiden Mahasiswa (Presma) Jurnalistik UIN Bandung, Fajar Budi Pratio mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan harapannya agar komunikasi kedua Himpunan Jurnalistik ini tetap terjaga.

“Diharapkan komunikasi antar dua Himpunan Jurnalistik ini semakin erat. Semoga terciptanya silaturahmi dan para pengurus juga bisa saling bercermin mengenai perbedaan pengemasan organisasi baik struktural maupun program kerja,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments