Sat, 18 May 2024

Capai Progres 90 Persen, UPT Pusat Karir Siap Gelar Career Days

Reporter: Revy Lestari | Redaktur: Reta Amaliyah Shafitri | Dibaca 280 kali

Thu, 27 September 2018
Pengelola UPT Pusat Karir, Betty Tresnawati saat diwawancara terkait kegiatan Career Days yang diadakan UPT Pusat Karir pada 28-29 September 2018, Rabu (26/09/2018). (Revy Lestari/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir UIN Bandung siap mengadakan seminar dan expo yang terangkum dalam kegiatan Career Days. Kegiatan semacam Job Fair yang bakal dilaksanakan selama dua hari terhitung 28-29 September 2018 ini menjadi gelaran pertama UPT Pusat Karir pasca diresmikan Agustus lalu.

Sebagai UPT keempat setelah UPT Perpustakaan, UPT Bahasa, dan UPT Informasi, peran UPT Pusat Karir sendiri yakni sebagai sumber pusat informasi terkait tenaga kerja dan lowongan pekerjaan. Menurut Pengelola UPT Pusat Karir sekaligus dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Betty Tresnawaty mengatakan, hal utama yang melatarbelakangi diadakannya Career Days ialah untuk menjembatani antara lulusan dengan user, atau pengguna perusahaan.

Lebih lanjut, Betty menuturkan, Career Days memfokuskan pelatihan soft skill kepada para peserta agar siap terjun ke dunia kerja. Pelatihan tersbut dibagi menjadi beberapa tahap, “Pertama, untuk mahasiswa semester 1-4, isinya tentang character building, etika dan attitude dalam berkomunikasi. Kedua, kemampuan berbahasa inggris for business dan public speaking. Ketiga, pembuatan lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Lalu, mereka juga diajarkan cara untuk menyiasati interview dan psikotes,” tuturnya saat ditemui Jurnalposmedia, Rabu (26/09/2018.

Ia juga menambahkan, hal lain yang akan didapatkan peserta ialah bursa tenaga kerja, seminar, dan presentasi dan company profile dari beberapa perusahaan. Career Days sendiri, sekaligus sebagai ajang pengenalan bahwa UIN Bandung telah memiliki pusat karir. Selain itu, sosialisasi pada perusahaan di sekitar UIN Bandung agar menjadikan UPT Pusat Karir sebagai wadah mereka dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi maisng-masing perusahaan.

Career Days dibuka untuk umum, namun target utamanya tentu mahasiswa UIN Bandung. Sejauh ini, peserta yang sudah mendaftar kurang lebih 200 orang dengan progres tercapai sekitar 80-90 persen. Ia berharap, mahasiswa UIN Bandung menyadari pentingnya soft skill dalam dunia kerja, mendukung kelancaran kegiatan Career Days dengan cara mendaftar dan lebih aktif  mencari informasi berkaitan dengan karir yang mereka inginkan di masa depan. Karena untuk menduduki dunia kerja, mereka memiliki pesaing dengan keketatan yang cukup kuat.

“Harapannya, tolong mahasiswa UIN Bandung dari semester awal sampai akhir untuk mengunjungi website pusatkariruinsgd.ac.id supaya mengetahui informasi lowongan kerja. Register untuk mengikuti kegiatan Career Days, sebagai upaya meningkatkan kemampuan soft skill yang akan bermanfaat di dunia kerja,” katanya.

Salah seorang mahasiswi Psikologi yang baru diwisuda beberapa waktu lalu mengatakan, Career Days menjadi acara yang penting terlebih bagi dirinya yang baru menyelesaikan pendidikan.Alya sendiri telah mendaftar kegiatan Career Days yang alan dilaksanakan esok. “ Karena disana memfasilitasi kita untuk cari lowongan pekerjaan. Dulu,, kita cari kerja ya sendiri, kalau sekarang kampus sudah mulai mewadahi lulusan mencari lowongan pekerjaan,” kata Alya. 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments