Mon, 17 June 2024

Jaminan Kesejahteraan untuk Petugas Kebersihan Masih ”Belum Bersih”

Reporter: Ahmad Sopian | Redaktur: Cikal Bintang | Dibaca 169 kali

Tue, 20 November 2018
Seorang petugas kebersihan membereskan tumpukan sampah di sekitaran kampus UIN Bandung. Jum'at,(16/11/18). (Sri Wahyuni/Kontributor)

JURNALPOSMEDIACOM – Kesejahteraan di kampus harus dirasakan semua kalangan, Jajaran civitas akademika UIN Bandung bukan hanya menyoal mahasiswa dan dosen. Orang – orang lapangan seperti petugas kebersihan dan satuan pengamanan (satpam) juga harus mendapatkan kesejahteraan yang setara. Petugas pengawas lapangan bidang Rumah Tangga UIN Bandung, Ayi Bima, menyampaikan pendapatnya menyoal kesejahteraan para petugas kebersihan di UIN Bandung.

“Gaji sudah mendekati UMR, dan kesejahteraan sudah hampir setara dengan yang lainnya,” Ungkapnya saat ditemui Jurnalposmedia, Jumat (16/11/2018).

Lebih lanjut, pria berusia 44 tahun ini mengatakan meskipun upah yang didapat sudah hampir setara dengan UMR. Namun, menurutnya ada hal yang harus ditingkatkan, yaitu tentang jaminan kesehatan bagi petugas kebersihan di UIN Bandung. Bima juga mengatakan pihak kampus kurang memberikan pengarahan pada pihak petugas kebersihan, “Saya inginnya pimpinan tidak hanya memberikan tugas kepada kami, namun juga memberikan pembinaan rutin,” Ujarnya.

Dirinya juga mengaku pihaknya sudah coba untuk mengajukan permohonan pembinan kepada pimpinanya, namun hasilnya selalu nihil. Bima mengemukakan alasan untuk diadakan pelatihan dan pembinan bagi petugas kebersihan adalah untuk memudahkan pihaknya dalam mengerjakan tugas yang diamanatkan kepada mereka.

Bima juga terus menekankan tentang jaminan kerja, bima berharap tidak hanya jaminan kesehatan saja, namun jaminan hari tua juga. Berbeda dengan Bima, pengawas pelaksana petugas kebersihan UIN Bandung, Andi, mengatakan segala fasilitas yang diperlukan oleh petugas kebersihan sudah diurus oleh perusahaan penerima jasa yang dipilih oleh pihak kampus.

Saat ditanyakan soal penyampaian keluhan dari petugas kebersihan kepada pihak kampus, Andi pribadi masih merasa kebingungan harus menanyakan hal ini kepada siapa. Namun, Andi memiliki permohonan untuk pihak kampus agar semua pihak saling mengerti dan menempatkan diri sesuai dengan tugas yang sudah diamanatkan, karena menurutnya masih banyak petugas yang bertugas diluar daripada tugas yang semestinya.

Andi mengutarakan harapannya kepada pihak yang bekaitan agar lebih memperhatikan petugas kebersihan  yang sudah lanjut usia, karena ada sepuluh orang petugas kebersihan lanjut usia dari total keseluruhannya 121 Orang. Andi juga berharap untuk kedepannya upah petugas kebersihan dari tahun ketahun terus meningkat. “Harapan saya upah untuk petugas kebersihan harus mendekati UMK, karena UMK kota pun dari tahun ke tahun selalu meningkat saya harap hal itu juga berlaku untuk kami,” Tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments