Fri, 21 June 2024

Pagelaran Sandiwara Sunda Oleh Disparbud

Reporter: Saeful Malik | Redaktur: Zaira Farah Diba | Dibaca 250 kali

Sun, 22 May 2016
Pagelaran Sandiwara Sunda yang dibawakan oleh Ringkan Gumiwang di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Sabtu (21/05/2016). (Jurnalpos/Saeful Malik)
Pagelaran Sandiwara Sunda yang dibawakan oleh Ringkan Gumiwang di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Sabtu (21/05/2016). (Jurnalpos/Saeful Malik)

JURNALPOS— Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, dan Gabungan Sandiwara Sunda Kota Bandung menyelenggarakan sebuah pagelaran sandiwara sunda di gedung kesenian rumentang siang, Sabtu (21/05/20116) lalu. Acara ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan budaya-budaya sunda kepada masyarakat, seperti yang dipaparkan oleh Pimpinan Produksi Pagelaran Sandiwara Sunda, Ida laila.

“Sekaligus untuk mengembalikan eksistensi bahasa sunda kepada generasi muda dan mengajak generasi muda mencintai bahasa dan budayanya,”kata Ida.

Acara yang disutradarai oleh Kabul E. Samsudin atau yang akrab disapa Wa Kabul dimeriahkan oleh penampilan dari Ringkan Gumiwang dan Ki Daus yang sekaligus bertugas sebagai pemimpin produksi, menambah kemeriahan acara tersebut.

Salah satu penonton pagelaran sandiwara sunda, Dicky menyebutkan bahwa dirinya sangat senang dan bangga terhadap bahasa dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Jawa Barat atau Sunda, selain itu ia mengaku banyak Bahasa Sunda yang baru ia ketahui setelah menonton pagelaran sandiwara sunda.
“Saya jadi lebih bangga dan senang setelah menonoton pagelaran sandiwara sunda, karna acara yang ditampilkan lebih berkesan dan alur dari ceritanya pun tidak terduga, saya juga berharap lebih banyak lagi acara-acara seperti ini untuk menarik perhatian orang lain khususnya remaja,”harap Dicky saat ditemui Jurnalpos, Sabtu(21/05/2016).

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments