Sun, 21 July 2024

Gunung Sagara, Surga Tersembunyi Para Penikmat Ketinggian

Reporter: Devarra Hisyam/Magang | Redaktur: Putri Restia Ariani | Dibaca 383 kali

Fri, 28 August 2020
gunung saghara
Pemandangan kawah Talaga Bodas dari puncak gunung Sagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut. (Devarra Hisyam/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM – Garut memiliki pesona alam yang sangat indah, terutama pegunungannya. Ada gunung Cikuray, Papandayan, Guntur dan Sagara. Adapun Gunung Sagara memang tidak seterkenal gunung lain yang ada di daerah Garut. Namun, pemandangan yang disuguhkannya tidak kalah cantik dan memiliki pesona tersendiri.

Gunung Sagara terletak di Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut. Gunung satu ini termasuk yang masih asri dan terbilang belum sering terjamah. Akses menuju gunung ini pun sangat mudah, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Di samping mudahnya akses yang dapat ditempuh pengunjung, pengelola gunung Sagara, Acong, mengatakan jumlah pengunjung mengalami peningkatan hingga 400 orang per hari. Volume wisatawan yang berdatangan kian hari kian meningkat. Kendati demikian, mewabahnya Covid-19 diakui Acong sempat menyebabkan kemerosotan pengunjung.

“Semenjak banyak yang update sosial media (berada) di gunung Sagara, banyak orang yang penasaran. Tetapi, karena kemarin terhalang Corona, jadi baru-baru ini pengunjung kembali ramai.” tuturnya saat diwawancarai Jurnalposmedia. Jumat (21/08/2020).

Adapun biaya yang dikeluarkan pengunjung untuk mendaki gunung Sagara relatif terjangkau. Cukup membayar Rp10.000,00 untuk registrasi dan penitipan helm sebesar Rp2.000,00. Selain itu, tarif parkirnya dikenakan biaya sebesar Rp5.000,00 untuk sepeda motor dan Rp10.000,00 untuk mobil.

Dengan ketinggian 2132 meter di atas permukaan laut (MDPL), pemandangan gunung Sagara mampu memanjakan mata pengunjung. Terdapat empat pos yang harus dilewati para pendaki sebelum akhirnya sampai di puncak Sagara. Estimasi pendakian dari pos satu menuju puncak memerlukan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Apabila pendaki sudah mencapai pos 4, maka para pendaki sudah dapat mendirikan tenda. Tetapi, sangat jarang pendaki mendirikan tenda dikarenakan waktu tempuh dari pos empat ke puncak hanya memerlukan waktu 15 menit. Setelah mencapai puncak, pendaki bisa menuju area camp yang berada di sebelah timur dan mulai mendirikan tenda.

Pendaki dapat menikmati sunrise yang memikat dan pemandangan kawah Talaga Bodas dari ketinggian. Seperti yang diungkapkan salah satu pendaki, Umar. Menurut pengakuannya, gunung Sagara memberikan pengalaman yang menarik serta pemandangan yang sangat indah.

“Pengalaman naik gunung Sagara ini sangatlah menantang dengan track datar yang sangat minim. Pemandangan yang disuguhkannya pun sangat indah sekali. Perkebunan, hutan yang masih asri dan bintang di langit, membuat pikiran menjadi lepas dan tenang,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments