Sun, 21 April 2024

Desainer Grafis, Profesi Ciamik di Era Digital

Reporter: Rayna Nur Afina | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 361 kali

Fri, 22 April 2022
Ilustrasi desainer grafis. (Rayna Nur Afina/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM- Perkembangan zaman melahirkan banyak profesi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Beberapa profesi lahir dari adanya kebutuhan untuk menyesuaikan perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini, salah satunya desainer grafis.

Menurut American Institute of Graphic Arts (AIGA) yang dilansir Rasmussen, Desainer grafis adalah orang yang melakukan praktik seni dengan perencanaan atau proyeksi ide dan pengalaman melalui konten visual dan tekstual. Desainer grafis umumnya mengomunikasikan ide atau pesan tertentu secara visual.

Dalam sebuah perusahaan, desainer grafis merupakan salah satu posisi yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, desainer grafis bukan hanya akan membuat desain fisik kebutuhan produk, seperti logo kemasan dan spanduk, tetapi juga yang akan membuat media sosial menjadi hidup.

Sosial media saat ini menjadi media yang paling ampuh untuk promosi dan marketing. Di sinilah seorang desainer grafis dibutuhkan, yaitu untuk memberikan warna dan karakter pada media sosial perusahaan tersebut. Mulai dari desain untuk mengenalkan produk sampai konten sebagai strategi marketing.

Profesi desainer grafis bukanlah profesi yang main-main. Sebab, setiap perusahaan memiliki kualifikasi dan kebutuhan karakter desain yang berbeda. Selain itu, biasanya perusahaan akan memberikan spesifikasi aplikasi yang harus dikuasai oleh calon desainer grafis.

Para desainer grafis harus siap sedia di depan laptop/PC mereka manakala ada tugas desain yang mendadak dengan tenggat waktu yang mendesak. Di sinilah sikap profesionalitas seorang desainer grafis diuji.

Namun, jika tidak terbiasa dengan sistem kerja perusahaan, kamu juga bisa menjadi freelance desainer grafis. Ketika menjadi seorang freelance, kamu dapat mengatur cara kerjamu sendiri dan memilih mana kerjaan yang bisa dan mau kamu ambil.

Mau kamu seorang desainer grafis perusahaan ataupun freelance, berkomunikasi dengan klien tetap menjadi hal yang harus diperhatikan. Hal ini diperlukan agar tidak adanya kesalahan dalam berkomunikasi.

Untuk kamu yang suka desain, yuk kembangkan agar menjadi profesi yang menghasilkan uang. Konsistensi dan niat adalah kunci penting untuk kamu dapat menjadi desainer profesional.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments