Sun, 21 April 2024

Car Free Day Dago Buka Kembali Pasca Pandemi

Reporter: Pamula Razan Syuhada/Magang | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 443 kali

Mon, 5 June 2023
Suasana Car Free Day Dago di Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Minggu (4/6/2023). (Sumber Foto: Pamula Razan Syuhada/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM-  Pemerintah Kota Bandung kembali gelar Car Free Day (CFD) setelah 3 tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Titik pelaksanaan kegiatan dimulai dari Simpang Dago Cikapayang hingga perempatan simpang Dago pada pukul 06.00-10.00 WIB, Minggu (4/6/2023).

Berbeda dengan pelaksanaan sebelum pandemi, CFD hanya dilaksanakan selama 2 kali dalam sebulan yaitu pada pekan pertama dan ketiga. Mengutip dari akun Instagram @infobandungkota, beberapa peraturan baru juga diterapkan, antara lain: dilarang membawa hewan peliharaan, dilarang berjualan, dilarang melakukan promosi brosur, dan dilarang menyalakan musik atau radio melampaui tingkat kebisingan.

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, juga turut hadir pada pelaksanaan CFD kali ini. Beliau mengungkapkan setelah dilakukan pengkajian dan sosialisasi terhadap dampak-dampak yang dapat terjadi, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melaksanakan CFD.

“Beberapa bulan yang lalu kita melakukan penelaahan dampak-dampak dan sosialisasi kepada masyarakat. Di bulan Juni ini menjadi momentum untuk kita membuka kembali Car Free Day,”  ungkapnya saat diwawancarai Jurnalposmedia,  Minggu (4/6/2023).

Tedy mengharapkan peserta CFD khususnya warga kota Bandung untuk tertib, menaati peraturan yang berlaku, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitar area CFD.

“Saya berharap yang datang kesini, warga Bandung jangan nyampah yang pertama, kemudian parkir jangan sembarangan, kalau mau kulineran silakan di kawasan Teuku Umar, di kawasan Dipatiukur, di kawasan Raden Patah dimanfaatkan sebaik baiknya,” ujarnya.

Salah satu peserta CFD, Ayub mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus untuk masyarakat, khususnya lansia sebagai sarana bersosialisasi dan beraktivitas untuk mengurangi stres.

“Bagus, karena dengan adanya Car Free Day kan jadi pemancing untuk orang-orang bergerak dan bersosialisasi apalagi buat orang tua,” ungkapnya.

Ayub juga berharap kepada pemerintah untuk terus menertibkan pedagang yang masih berjualan sembarangan dan memberikan tempat berjualan khusus untuk para pedagang kaki agar tidak lagi berjualan di sepanjang area CFD.

“Harapannya cuman satu, jangan ada yang jualan di pinggir jalan seperti Car Free Day Buah Batu dulu. Kalau di Buah Batu itu bukan Car Free Day, itu bazzar,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments