Thu, 23 May 2024

Antisipasi Kehilangan Helm di Kampus

Reporter: Anggi Muliawati/ Magang | Redaktur: Riska Yunisyah Imilda | Dibaca 354 kali

Mon, 22 May 2017
Helm-helm mahasiswa UIN Bandung yang diletakkan begitu saja di atas spion motornya. Hal itu sangat mengundang seseorang untuk melakukan tindakan pencurian helm, Sabtu (20/05/2017). (Anggi Muliawati/Magang)
Helm-helm mahasiswa UIN Bandung yang diletakkan begitu saja di atas spion motornya. Hal itu sangat mengundang seseorang untuk melakukan tindakan pencurian helm, Sabtu (20/05/2017). (Anggi Muliawati/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM – Pengguna sepeda motor tentunya sangat membutuhkan helm saat berkendara. Memakai helm merupakan salah satu tindakan yang mematuhi aturan lalu lintas. Selain untuk melindungi kepala, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu. Namun sangat disayangkan apabila helm tersebut hilang saat benar-benar dibutuhkan.

Seperti yang terjadi pada akhir-akhir ini di  UIN Bandung, banyak sekali mahasiswa yang mengeluhkan kehilangan helm di parkiran kampus. Kejadian tersebut sering terjadi baik siang atau pun malam hari. Pengawasan yang dilakukan pihak keamanan terbatas serta tidak adanya kamera cctv di setiap sudut parkiran.

Menurut salah satu korban Gumilar,  pencurian helm ini memang murni keteledoran dari mahasiswanya, tidak sepenuhnya salah keamanan UIN Bandung. Tetapi, yang menjadi keresahan mahasiswa adalah banyaknya orang-orang luar yang tidak diketahui identitas dengan bebas keluar masuk area kampus UIN Bandung.

Lebih lanjut, Gumilar memberikan saran kepada mahasiswa lain agar tidak mengalami kejadian yang serupa. Sebaiknya helm disimpan di bawah jok  dan dikunci, tidak hanya diletakkan di atas kaca spion motor. Setidaknya dengan cara ini kita dapat meminalisir adanya pencurian lagi

Kepala Satuan Pengaman UIN Bandung Eno, menghimbau kepada para mahasiswa untuk tidak menaruh helm di sembarang tempat. Hal lain untuk mengantisipasinya dengan cara membawa helm kedalam kelas atau dititipkan di satpam. “Karena Satpam tidak bisa memeriksa satu-satu helm yang dibawa mahasiswa,” pungkasnya saat ditemui Jurnalposmedia, Senin (22/05/2017).

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments