Tue, 16 April 2024

Mulai dari Hal Sederhana, Ini 5 Cara Mengatasi Stres pada Mahasiswa

Reporter: Adinda Ayu Larasati/Magang | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 382 kali

Wed, 28 June 2023
(Ilustrasi: Adinda Ayu Larasati/Magang)

JURNALPOSMEDIA.COM – Kondisi stres sering kali menjadi keluhan bagi mahasiswa terutama saat  melaksanakan UAS dan mengejar deadline. Meskipun terkesan sepele tetapi stres  memberikan dampak yang buruk seperti risiko depresi.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi stres, mahasiswa harus mengetahui terlebih dahulu hal apa yang menyebabkan mereka mengalami stres.

Stres pada mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti masalah akademik, keuangan, atau rindu rumah dan keluarga bagi mahasiswa rantau.

Masalah yang berkaitan dengan akademik biasanya dimulai dari tugas yang menumpuk, deadline yang mepet, teman sekelompok yang tidak bertanggungjawab, atau nilai yang kurang memuaskan.

Cara Mengatasi Stres Pada Mahasiswa

Jika menerapkan beberapa cara sederhana ini secara rutin, maka mahasiswa dapat mengelola kesehatan  mental mereka lebih baik. Berikut cara mengatasi stres yang bisa dipraktikkan oleh mahasiswa versi Jurnalposmedia.

  1. Hindari menunda-nunda pekerjaan

Cara mengatasi stres pada mahasiswa yang pertama adalah hindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Kebiasaan ini memang sering kali dilakukan dengan alasan  merasa masih memiliki banyak waktu luang.

Namun, jika terus menunda, pekerjaan akan semakin menumpuk dan sulit untuk diselesaikan. Usahakan untuk mengatur waktu dengan baik dan hilangkan kebiasaan menunda pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut tidak menjadi beban.

  1. Tetapkan harapan yang realistis

Cara mengatasi stres yang tidak kalah penting yaitu menetapkan harapan yang realistis. Target yang tinggi memang dapat memacu motivasi diri untuk melakukan yang terbaik. Namun, perlu diingat, kegagalan adalah hal yang biasa. Tetapkanlah harapan yang realistis pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Jika berhasil, jangan lupa untuk memberi reward pada diri sendiri.

  1. Tidak membebani diri sendiri

Meski mengikuti banyak kegiatan kampus, perlu mahasiswa juga harus bisa membatasi diri agar tidak membebani diri sendiri. Jika sudah merasa kewalahan dengan berbagai kegiatan yang berlebihan, jangan merasa enggan untuk melepaskan beberapa kegiatan. Mulailah menjaga dirimu dengan mengenali batas ketahanan fisikmu sendiri.

 

  1. Sempatkan untuk menenangkan diri

Cara ke empat,  lakukan latihan menenangkan diri sendiri. Jika muncul gejala stres, kalian bisa mulai untuk mengerjakan hal yang kalian sukai seperti healing, membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton series. Hilangkan perasaan gelisah, tenangkan pikiran dan mulailah untuk berpikir positif.

 

  1. Beri apresiasi pada diri sendiri

Cara mengatasi stres terakhir, beri apresiasi pada diri sendiri. Jika tidak mendapatkan apresiasi dari orang sekitar, mulailah untuk mengapresiasi dirimu sendiri. Apresiasi diri adalah bentuk menghargai kerja keras yang telah dilakukan oleh diri sendiri selama ini. Semua kerja keras yang dilakukan akan terbayar dengan menyadari kehebatanmu untuk bertahan dan berusaha sekuat tenaga.

 

Nah, itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang bisa kalian lakukan. Yuk, jaga kesehatan mentalmu dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan meningkatkan pikiran positif.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments