Sat, 13 July 2024

Agent Of Change, Kerangka Acuan Program Kerja Hima Jurnalistik

Reporter: Riki Baehaki | Redaktur: Nazmi Syahida | Dibaca 178 kali

Sun, 17 February 2019
Pemaparan program kerja oleh officio Hima Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung di Villa Lamping Manglayang, Cilengkrang Kota Bandung. Sabtu, (16/02/2019). (Ayuni Fitria/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM–Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung menggelar Upgrading dan Rapat Kerja (Raker) kepengurusan periode 2018-2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada 16-17 Februari, di Villa Lamping Manglayang, Cilengkrang, Kota Bandung. Minggu, (17/02/2019).

Acara yang mengusung tema “Bersatu Menjunjung Tinggi Nilai Organisasi Untuk Hima Yang Lebih Bersinergi” bertujuan agar pengurus Hima Jurnalistik dapat lebih bersinergi dengan program-program kerja yang dibuat untuk bersatu menjunjung tinggi nilai organisasi.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri beberapa pemateri dari Alumni Jurnalistik dengan pembahasan yang berbeda pula diantaranya, Nazmi Abdurrahman memaparkan “Komunikasi Organisasi dan Problem Solving”, Shofie Karismanisa membahas “Analisis SWOT dan Sense of Belonging”, Intan Widiasulistya membahas “Administrasi Organisasi”, Sofyan Munawar membahas “Desain Program Kerja dan Tata Tertib” serta terakhir Dea Adriayawan memaparkan “Manajemen Keorganisasian”.

Terdapat dua rangkaian acara yang berbeda yakni, upgrading merupakan kegiatan yang berisi penyampaian materi dan sharing dengan beberapa alumni Jurnalistik yang juga pernah menjabat menjadi pengurus Hima Jurnalistik. Sedangkan Raker merupakan laporan atau sosialisasi program kerja tiap bidang ke seluruh pengurus Hima Jurnalistik.

Ketua Pelaksana, Ahmad Sopian menjelaskan bahwa Upgrading dan Raker bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anggota Hima periode sekarang, “Melakukan perencanaan program-program kerja di tiap bidang Hima jurnalistik agar bisa diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh elemen Hima jurnalistik,” tuturnya.

Dea Andriyawan menyinggung mengenai keorganisasian memerlukan pengaturan yang baik, “Dalam manajemen keorganisasian, ciri organisasi yang baik adalah baiknya pengaturan schedule, adanya tujuan dan perencanaan yang jelas, adanya tahap pengorganisasian (Organizing) dan adanya controlling,” ungkapnya saat memaparkan materi Sabtu malam, (16/02/2019).

Hima Jurnalistik periode 2018-2019 melahirkan beberapa program kerja baru. Disampaikan oleh setiap bidang saat Raker berlangsung salah satunya, bidang pers meluncurkan program kerja baru yaitu Study Banding. Bertujuan untuk bertukar pengalaman atau sharing dengan media kampus lain agar dapat mengambil nilai positif dan bertukar pikiran dalam ranah yang sama.

Presiden Mahasiswa (Presma) Jurnalistik, Reival Akbar Rivawan berharap Hima Jurnalistik bisa lebih maju lagi dari kepengurusan sebelumnya, dengan menyamakan frame dalam momentum tersebut diharap dapat membuat seluruh pengurus tetap solid dan seirama sampai akhir kepengurusan.

“Dengan proses perumusan program kerja ini bisa membuat pengurus lebih peka terhadap lingkungan sosial dan mengaplikasikan peran mahasiswa yang salah satunya adalah sebagai agent of change dalam kegiatan yang diadakan,” tutup Reival. Minggu, (17/02/2019).

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments